Lihat ke Halaman Asli

Tips Menekuni Peluang Bisnis Online

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Tak mungkin dipungkiri bahwa dewasa ini perkembangan dunia bisnis online tanah air mengalami perkembangan luar biasa. Masyarakat umum telah sedikit banyak seakan mendapat alternatif atau "harapan baru" di tengah sulitnya mencari pekerjaan formal dalam kondisi pengangguran makin membengkak akibat tidak terserapnya angkatan kerja baru di sektor formal. Makin murahnya biaya sambungan internet menjadi salah satu faktor pendorong pemakai internet di Indonesia makin bertambah dari tahun ke tahun.

Dalam pada itu, menjamurnya tawaran bisnis online lewat internet bak jamur di musim hujan. Makin banyak dalam segi kuantitas atau diversifikasi produk yang dijual dan semakin banyak pula "pemain" baru yang menawarkan bermacam dagangan baru yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh kita tapi mampu dijual lewat dunia maya.

Ada beberapa hal mendasar yang perlu dicermati bila Anda berkeinginan menekuni peluang bisnis online sekaligus terjun di dalamnya yaitu teliti, serius, mau belajar, sabar dan memperlakukan bisnis online seperti layaknya bila kita berbisnis di dunia nyata. Bila salah satu hal mendasar tersebut terlewati, maka saya yakin Anda akan menemui kegagalan. Tak percaya? Bisa saja Anda berkata demikian. Namun pengalamanku menunjukkan bahwa hanya dasar-dasar itulah yang selalu kulakukan sejak 1 tahun lalu hingga sekarang dalam menekuni bisnis online di internet.

Berbisnis online di internet sama nyatanya seperti di dunia sehari-hari. Ada kompetisi, harus mampu menemukan ide-ide baru (walau bukan milik sendiri, tapi bisa diterapkan untuk bisnis kita) dan semuanya dibangun bukan dalam waktu semalam, sehari, seminggu, sebulan atau setahun saja. Itu tak cukup! Seorang pengusaha bisnis online yang telah sukses memerlukan waktu bertahun-tahun untuk dapat menikmati hasil bisnisnya. Dan itulah yang harus Anda dan saya kerjakan bila ingin terjun di bisnis online secara serius. Semoga bermanfaat!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline