Pada periode sale pada 9.9 lalu, para online shoppers berakhir didepan gadget mereka untuk mengikuti promosi-promosi yang ditawarkan retailer-retailerbelanja online Indonesia.
Beberapa retailer online shopping di Indonesia menawarkan promosi gila-gilaan pada periode 9/9, dan ini membuat tim iPrice terdorong untuk melakukan riset mengenai perbandingan antara retailer online shopping di Indonesia pada periode tersebut.
Melalui Google Trends, tim iPrice membandingkan tiga retailer e-commerce; Shopee, Lazada, dan BukaLapak dimulai dari 27 Agustus 2018 sampai 10 September 2018. Tim iPrice lalu melakukan analisis dan lalu menyajikannya data tersebut dalam bentuk pie chart.
Shopee
Shopee sudah memulai kampanye ini sejak 27 Agustus lalu dengan promosi yang berbeda-beda setiap harinya. Namun lonjakan pencarian terhadap Shopee baru ditemukan pertama kali pada tanggal 4 September (+33%sejak kampanye dimulai), yakni "Super Beauty Day" dimana promosi pada hari itu terpusat pada produk-produk kecantikan.
Setelah itu, pencarian terhadap Shopee berkurang dan menjadi stabil, namun kembali melonjak pada 9 September 2018. Pada hari tersebut, Shopee mengadakan "Super Shopping Day" dimana diskon dan promosi-promosi lainnya akan diberikan setiap jam nonstop selama 24 jam. Hal ini berakhir pada pencarian tentang Shopee yang melonjak sebesar hampir 91% hanya dalam satu hari.
Uniknya, kata kunci yang diasosiasikan dengan "aplikasi Shopee" mendominasi pencarian tesebut dengan persentase sebanyak 33.33%, dengan spesifikasi kata "download apk shopee", "aplikasi shopee", dan "shopee mall".
Data menunjukkan bahwa pencarian dengan kata kunci spesifik, "tips goyang shopee" dan "cara menggunakan voucher gratis ongkir shopee" naik sebesar +4450%, sedangkan kata kunci "download apk shopee", "aplikasi shopee", "shopee login", dan "shopee mall" naik sebesar +140% sampai +250%.
Hal ini menunjukkan bahwa konsumen juga tertarik dan ada keinginan untuk melibatkan diri dengan Goyang Shopee. Game ini mengarahkan konsumen untuk menggoyangkan smartphone mereka untuk mendapatkan koin.
Dengan banyaknya pencarian mengenai aplikasi dan Goyang Shopee juga menunjukkan bahwa konsumen jauh lebih tertarik pada program Goyang Shopee dibandingkan dengan promo, diskon, dan voucher yang ditawarkan.
Namun bagaimanapun, koin yang didapatkan konsumen dapat digunakan untuk membeli produk yang dijual di Shopee. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen zaman kini lebih tertarik pada jenis promo yang lebih interaktif dan engaging.
Lazada
Dikutip dari JawaPos.com, Head of Mobile Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro, program 9.9 digelar karna banyaknya konsumen Indonesia yang haus akan promosi. Pada program 9.9 ini Lazada menawarkan promosi khusus yang berbeda setiap harinya; penawaran fashion dan beauty pada 7 September, mothers and baby pada 8 September, dan Crazy Flash Sale pada 9 September 2018.