Lihat ke Halaman Asli

IPrice Group

TERVERIFIKASI

iPrice Insight

Harga Elektronik Antar "E-commerce"

Diperbarui: 28 Juli 2018   23:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: iPrice

Metodologi:

iPrice membandingkan jumlah penawaran harga barang elektronik termurah dari 6 toko online terbesar yang terdaftar pada situs iPrice pada periode 4-10 Juni 2018. 6 toko online terbesar tersebut yaitu Lazada, Blibli, Mataharimall, Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Sedangkan merchant terdaftar lain kami grupkan menjadi "merchant lainnya" dalam data.

Bicara soal gawai juga pasti berbicara soal perkembangan teknologi yang semakin maju. Kini kita bisa menjumpai vendor smartphone meluncurkan seri terbarunya hampir tiap bulan. Tren gawai pun silih berganti, mulai dari keyboard QWERTY hingga layar ber"poni".

Tidak hanya smartphone, produk elektronik seperti laptop dan kamera pun kerap mengalami kemajuan. Bisa dibilang kini konsumen sudah dimanjakan dengan suguhan gawai dengan berbagai macam model dan kebolehan dalam spesifikasinya.

Tapi konsumen tetaplah konsumen, selain mencari spesifikasi, mereka juga tidak akan pernah menolak bila ditawarkan harga murah. Apalagi di jaman serba online seperti sekarang, belanja barang elektronik melalui toko online sudah dianggap lumrah lantaran harga yang terbilang lebih murah dibanding toko fisik.

Berbagai cara untuk lebih menghemat saat belanja barang elektronik pun dilakukan. Mulai dari mencari diskonan, kode kupon, hingga menggunakan situs pembanding harga. Di sisi lain, berbagai toko online di Indonesia pun semakin gencar untuk memberikan penawaran harga termurah pada produk-produk elektronik.

Penawaran Harga Barang Elektronik Murah didominasi oleh Ecommerce C2C

Dari data yang dihimpun iPrice, secara keseluruhan ecommerce C2C seperti Bukalapak memiliki lebih banyak penawaran harga termurah untuk kategori produk smartphone dan laptop. Sedangkan penawaran harga termurah untuk kategori produk kamera lebih banyak berasal dari ecommerce B2C, yakni Lazada.

Ecommerce C2C memiliki lebih banyak penawaran harga termurah disebabkan platform ini memungkinkan siapa saja untuk berjualan barang. Baik produk elektronik yang masih baru maupun secondhand yang tentu dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Sedangkan untuk kategori produk kamera, jumlah penawaran harga murah lebih banyak dimiliki oleh ecommerce B2C yakni Lazada. Hal ini menandakan harga produk kamera memiliki harga yang cukup bersaing meski ecommerce C2C mengandung produk-produk secondhand.

Smartphone Samsung Termurah Terlihat Merata di Setiap E-commerce

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline