Lihat ke Halaman Asli

IPrice Group

TERVERIFIKASI

iPrice Insight

Tren Belanja Konsumen "Online" Indonesia Vs Malaysia di Ramadhan 2018

Diperbarui: 19 Juni 2018   09:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto: iPrice

Metodologi

Bulan Ramadan merupakan bulan yang suci dan penuh keberkahan bagi jutaan umat muslim di Indonesia dan Malaysia. Di bulan ini pula, terdapat banyak perubahan aktivitas sehari-hari yang menyesuaikan dengan jadwal kegiatan berpuasa. Mulai dari pola makan, pola tidur, pola kegiatan di siang hari, hingga perubahan pola belanja daring yang dilakukan konsumen.

Di penghujung bulan puasa ini, kami ingin memberikan selayang pandang tren konsumen daring di Indonesia dan Malaysia yang menggambarkan perilaku unik mereka selama bulan Ramadan 2018. Kami membandingkan lebih dari 2 juta pengguna iPrice Indonesia dan iPrice Malaysia pada 3 minggu sebelum Ramadan (17 April -- 14 Mei) dan 3 minggu saat bulan Ramadan (15 Mei -- 11 Juni).

Dari hasil analisa perbandingan ini, kami mendapatkan tiga temuan menarik mengenai konsumen daring Indonesia dan Malaysia.

Perbandingan Lonjakan Konsumen Indonesia dan Malaysia di Waktu Sahur

Selama bulan Ramadan, kegiatan khas yang dilakukan masyarakat Indonesia dan Malaysia adalah bangun pada dini hari untuk sahur. Meski begitu, kegiatan sahur ini juga dimanfaatkan bagi mereka untuk berbelanja daring.

Kami menemukan terdapat lonjakan trafik dari pengguna di kedua negara pada pukul 5 pagi, yakni sebesar +345% di Indonesia dan +105% di Malaysia dibanding dengan periode 3 minggu sebelum Ramadan. Trafik pengunjung Indonesia mengalami lonjakan yang cukup dramatis dibanding Malaysia mengingat negara ini memiliki populasi Muslim terbesar di dunia. Tren ini memiliki persamaan dengan studi yang dilakukan iPrice tahun lalu di Indonesia dan Malaysia.

Di Indonesia, lonjakan trafik ini sedikit lebih rendah dibanding riset tahun lalu, yakni lonjakan drastis sebesar +400% di jam yang sama. Namun dengan data sebesar 2 juta pengunjung yang kami analisa di periode ini menunjukkan ada peningkatan ketertarikan konsumen terhadap transaksi daring dibanding tahun 2017 lalu yang menggunakan data sebesar 400.000 pengunjung.

Pola konsumen lainnya juga dapat dilihat terdapat penurunan trafik pengunjung sebesar -4% pada pukul 18.00 di Indonesia dan -9% pada pukul 19.00 di Malaysia mengingat masyarakat melakukan kegiatan berbuka puasa. Setelah ibadah solat Tarawih, trafik pengunjung kembali naik dengan puncak tertinggi pada pukul 22.00.

Kota di Indonesia dan Malaysia yang Paling Aktif Berbelanja Daring Selama Ramadan

Kami juga menganalisa konsumen teraktif dalam berbelanja daring berdasarkan wilayah di mana tempat tinggal. Kami menggunakan data penggunjung Google Analytics dari tanggal 15 Mei -- 12 Juni 2018.

Berikut tujuh besar kota teraktif berbelanja daring di Indonesia dari 2 juta pengguna iPrice: Jakarta (42%), Surabaya (12%), Yogyakarta (9%), Medan (5%), Makassar (5%), Bandung (4%), dan Balikpapan (2%).

Meski masih didominasi oleh kota-kota besar, pengunjung aktif dari kota-kota di luar Jawa seperti Medan, Makassar, dan Balikpapan menunjukkan ketertarikan belanja daring ini sudah mengalami persebaran di seluruh Indonesia. Berkat penetrasi internet yang semakin meningkat pula, membuat masyarakat semakin melek dengan teknologi dan menganggap transaksi daring sebagai alternatif mudah untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline