Lihat ke Halaman Asli

IP

Mahasiswa

Mahasiswa KKN PCR Bulak UMSurabaya, TK Bhakti Rahayu II BSU Melatih Kelincahan dengan Bermain dan Belajar

Diperbarui: 18 Agustus 2022   12:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Siapa yang tidak suka bermain sambil belajar. Anak-anak pastilah suka, apalagi mengenal sesuatu yang dinilai baru dan menarik perhatian mereka. Anak-anak pada umumnya akan senang, jika diberikan aktifitas diluar ruangan. Bertepatan dengan adanya Mahasiswa KKN Pimpinan Cabang Ranting (PCR) Bulak Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, mereka mengajak anak-anak TK Bhakti Rahayu II bermain sambil belajar diluar kelas. Bertempat dilapangan sebelah posyandu Bulak Setro Utara (BSU) Rw 04 kegiatan tersebut dilakukan pada pagi hari, Jumat (12/8/2022).

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa TK Bhakti Rahayu II tanpa terkecuali. Wajah mereka Nampak antusias saat mengetahui bahwa akan belajar diluar kelas. Ditambah lagi akan ada permainan selama pembelajaran berlangsung membuat anak-anak tak sabar menantikan hal baru yang akan mereka lakukan. Dengan berbaris memanjang layaknya kereta, anak-anak berjalan dari sekolah menuju kelapangan BSU Rw 04.

Jarak yang ditempuh cukup singkat, sehingga anak-anak tidak kelelahan. Sesampainya dilapangan kakak-kakak mahasiswa KKN PCR Bulak UMSurabaya bersama dengan guru TK Bhakti Rahayu II menata barisan anak-anak, kemudian melakukan senam sebagai pemanasan. Senam pinguin dan baby shark menjadi senam favorit anak-anak. Dipimpin oleh Nur Tsania Tantri dan Dias Frendy Arangga, anak-anak melakukan senam dengan penuh riang gembira.

Setelah bersenam dilanjutkan dengan permainan yang melatih kelincahan seperti berjalan diantara tali, berjalan dengan arah lintasan zig-zag dan lari estafet. Sebelum permainan dimulai mahasiswa KKN PCR Bulak UMSurabaya memberikan contoh terlebih dahulu , lalu segera anak-anak mencobanya. Dengan semangat membara anak-anak berlari kesana-kemari penuh dengan riang tawa.

Permainan tersebut dibuat berdasarkan modul pembelajaran. Dinilai pembelajaran tersebut dibuat agar anak-anak tidak bosan belajar didalam kelas. Mengganti suasana pembelajaran perlu dilakukan guna melatih keaktifan, merilekskan saraf, berbaur dengan lingkungan dan menumbuhkan sikap loyalitas antar sesama teman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline