Lihat ke Halaman Asli

Mengatasi Keterbatasan Pembelajaran Terpadu (Seri PT 04)

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Memang begitu banyak keterbatasan dari Pembelajaran Terpadu itu sendiri. Namun semua keterbatasan dapat diatasi jika ada kemauan keras dari guru untuk mencari solusinya dengan berbagai cara. Jika guru terus menerus membatasi membatasi diri, Pembelajaran Terpadu tidak akan berjalan dengan optimal. Dalam artikel telah di jelaskan tentang keterbatasan Pembelajaran Terpadu. Berikut saya jabarkan cara mengatasi keterbatasan Pembelaran Terpadu :

1.Terkait dengan penyelenggaraannya

a)Guru rutin mendekati siswa dan memahami karakter mereka satu per satu sehingga guru akan mengetahui kecenderungan / bakat siswa maupun sifat anak sehingga nantinya akan mudah bagi guru untuk mengarahkan anak sesuai potensinya

b)Jika sarana dan prasarana belum seiring dengan inovasi pembelajaran, tentunya guru harus segera melengkapinya dengan menggunakan danayang ada yaitu BOS. BOS diupayakan seoptimal mungkin untuk kemajuan pendidikan. Jika BOS tidak mencukupi, guru dapat mengadakan pertemuan dengan wali murid untuk mencari solusinya bersama-sama.

c)Mengubah kebiasaan kultural yang sudah berakar memang tak mudah. Para pejabat seharusnya membuat regulasi yang mendukung inovasi pembelajaran, mendukung kebebasan guru untuk berkreasi, berinovasi, demi kemajuan anak bangsa.

2.Keterbatasan konteks pelaksanaan

a)Mengetahui evaluasi dalam Pembelajaran Terpadu sangat beragam, guru harusnya mempersiapkan  teknik evaluasi dengan matang. Tentunya agar sumber daya manusia yang progresif maju ke depan dapat terwujud, guru harus terus menambah ilmu, wawasan, dan keterampilan mereka terutama yang berkaitan dengan keterampilan mengajar.

b)Meningkatkan kesadaran bagi tiap-tiap guru untuk mengubah pola pembelajaran yang semula start mata pelajaran ke start tema. Kesadaran memang datang dari hati. Namun banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempertinggi rasa kesadaran itu. Upaya-upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan seminar, sosialisasi, KKG, yang membahas pembelajaran terpadu. Dengan kegiatan tersebut, diharapkan kesadaran guru akan pentingnya pembelajaran terpadu dapat meningkat. Sehingga Pembelajaran Terpadu dapat berjalan dengan optimal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline