Lihat ke Halaman Asli

Iwan Permadi

TERVERIFIKASI

Pekerja kreatif televisi dan Guru Bahasa Inggris

Makna Tersembunyi "Still, Yet and Already"

Diperbarui: 31 Oktober 2017   22:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia sebagaimana aneka bahasa lain mempunyai ujaran yang tidak hanya untuk digunakan (to be used) namun juga diekspresikan agar sesuai dengan penggunaannya (usage). Setiap bahasa apapun  juga mengandung rasa sehingga ketika diungkapkan mempunyai maksud tersurat (explicit) dan tersirat (implicit). Hal inilah yang membuat orang lebih menikmati tayangan film bioskop atau film televisi tanpa didubbing dengan bahasa lokal, karena kehilangan keaslian (originality) dan kejujuran (honesty). Menggunakan bahasa kan tidak seperti robot yang diprogram karena lewat gestur, intonasi dan cara mengekspresikannya, ternyata bahasa itu sungguh kaya dan indah.

Kata Still, Yet  dan Already dalam bahasa Inggris adalah beberapa kata keterangan (adverb) yang mungkin mudah digunakan karena dari artinya sudah jamak orang memahaminya. Masalahnya ternyata ada hal yang tersirat (implicit) dari penggunaannya. Apa itu?

Kata "Still" yang berarti masih makna tersiratnya adalah suatu pengharapan yang belum terlaksana. Seperti seorang gadis yang masih mencintai mantannya yang sudah menikah dan dia tidak bisa move on. Do you still love your ex lover? Artinya yang bertanya sangat berharap si gadis ini sudah bisa mencari pengganti kekasih lawasnya, tapi faktanya gadis itu belum bisa pindah ke lain hati, padahal pria idamannya sudah mencintai gadis lain dan menikahinya. Pertanyaan lain dengan kata still yang masih menggelitik, "Do you still live with your parents?" Yang bertanya mungkin merasa seharusnya yang ditanya sudah bisa hidup sendiri karena telah dianggap dewasa.

Still dalam kalimat diletakkan didepan kata kerja utama seperti : I still ate with him (yang arti tersiratnya, saya sebenarnya sudah mau selesai tapi dia belum selesai makannya). Still ada dibelakang linking verb seperti kata kerja "to be" seperti I am still staying on that hotel (Saya masih tinggal di hotel itu-padahal sudah bosan) Contoh-contoh kalimat lain yang menggunakan kata still yaitu  (1) It is still raining (Masih hujan, harapannya hujan segera berakhir ) (2) I am still headache although I took three pills  (Saya masih pusing walaupun sudah 3 pil saya minum) (3)Her father is still alive (Ayahnya masih hidup, padahal dianggap sudah wafat).

Kata berikutnya "Yet" biasa digunakan dalam bentuk pertanyaan dan negatif yang arti tersiratnya sesuatu yang seharusnya sudah terjadi atau telah terjadi. Contoh : Mr.Haris hasn't visited Ms Ana's house yet  (Pak Haris belum mengunjungi rumah Nona Ana). Yang mengungkapkan kalimat ini, punya harapan, seharusnya Pak Haris sudah mengunjungi rumah Nona Ana, karena ada hal yang penting didiskusikan.  

Bagaimana dalam bentuk pertanyaan, " Have you fixed the motor  bike yet?" (Sudahkan kamu memperbaiki sepeda motor itu?) Maksud tersiratnya, sepertinya kamu belum memperbaiki sepeda motor itu sesuai janji yang diberikan. Pertanyaan lain seperti "Haven't they paid their debt yet?" Artinya secara tersirat, Mengapa mereka belum bayar hutang juga?

Peletakkan kata yet hampir seluruhnya ada di akhir kalimat dan tenses yang digunakan adalah present perfect.

Terakhir adalah kata "already"yang artinya sudah. Namun maksud tersiratnya berkonotasi positif karena dianggap "sooner than expected" (lebih cepat dari yang dijadwalkan/diharapkan).  Misalnya : "I have already fixed your car" (Saya sudah memperbaiki mobil anda). Makna tersiratnya, lihat tuh, mobil anda sudah saya perbaiki lebih awal dari janji saya sebelumnya.  

Already juga digunakan dalam kalimat "It's already 10 o'clock" (Sudah jam 10 pagi), yang makna tersiratnya, kok saya bangun kesiangan padahal harusnya saya bangun jam 8 pagi. Contoh-contoh lain (1)It was early but she was already sleeping (Saya pikir masih sore, tapi dia sudah tidur) (2)We are already late(Sudah telat dan lewat waktu karena kesiangan bangunnya).

The best is yet to come

Ref : dari berbagai sumber




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline