Lihat ke Halaman Asli

Iwan Permadi

TERVERIFIKASI

Pekerja kreatif televisi dan Guru Bahasa Inggris

Peringkat Rating dan SCTV Terpuruk!

Diperbarui: 4 April 2017   16:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Setelah lama tidak menulis tentang rating televisi (tv) sejak terakhir di minggu pamungkas di tahun 2015, ternyata dinamika persaingan stasiun televisi hingga minggu ini sangat ketat dan kompetitif. Banyak program baru ditayangkan dan kejelian memproduksi program dan menempatkannya menjadi pertanda jam terbang produksi dan programming masing-masing televisi memegang peranan penting.

Setelah ada di bayang-bayang SCTV tahun lalu, RCTI terus memimpin persaingan televisi swasta bersiaran nasional dengan unggulan acara yang sangat sulit dikalahkan. Lihat saja sinetron Anak Jalanan yang rata-rata punya rating dan share 7.3/31.1 lewat program tayang setiap hari (stripping). Disusul 2 (dua) sinetron lain yang mengekor dibawahnya yaitu Tukang Bubur Naik Haji (4.4/20.3) dan Tukang Ojek Pengkolan/TOP (3.6/19.6). Dari urutan top program hanya TOP yang ratingnya dibawah Uttaran, TV series Bollywood milik ANTV. Artinya ketiga sinetron itu yang sepertinya "bunyi" dan disukai pemirsa. Belum lagi program Talent Search, Miss Indonesia dan Blind Audition (The Voice, Series 2)  dan game show Sasuke Ninja Warrior serta Kuis Baper ternyata cukup bagus juga performanya. 

Di peringkat stasiun tv dibawahnya adalah Indosiar Visual Mandiri (IVM) dan ANTV. Lewat program dangdut dan tv series Bollywood, kedua stasiun tv ini mengekor cukup jauh dari RCTI. Setelah itu baru disusul SCTV,MNC TV dan Trans 7. Sementara Net TV mantap diatas perolehan TV One dan Metro TV pada minggu ke 8 ini (21-27 February 2016). Sementara tayangan sepakbola Piala Gubernur Kalimantan Timur yang saat ini ditayangkan di Trans 7 belum terasa dampaknya, mungkin yang bermain bukan Persib yang selalu jadi tayangan tertinggi ratingnya saat Piala Presiden dan Jenderal Sudirman. 

Program lokal baru pilihan ANTV seperti Dapur Mama Seru dan Super Family 100 (seri terbaru dari program sejenis di IVM, dengan host Tukul-saat ini Eko Patrio) juga cukup bagus ratingnya. Yang agak menyesakkan mungkin SCTV yang melorot dari posisi pertama tahun lalu ke posisi 4 karena perolehan program barunya seperti Elif Indonesia, Liga Inggris, FTV dan sejumlah sinetron lainnya tidak cukup bagus performanya. Coba bandingkan program nomor satu SCTV yaitu Rahasia Cinta yang hanya mendapatkan rating/share (2.3/9.4) dengan Top 25 Dangdut Academy IVM yang mendapatkan 3.4/17.9 serta Anak Jalanan(7.3/31.1). Kalau dulu SCTV dikenal dengan perolehan share dua digit, saat ini harus turun ke satu digit. Kita lihat kejutan apa yang akan diberikan SCTV kepada pemirsanya agar bisa memotong jarak dengan RCTI dan ANTV, karena IVM kan saudara, jadi kita tunggu. 

Top 5 TV dengan Channel Share Tertinggi Minggu ke 8-2016

1.RCTI  (18.1)

2.IVM  (13.5)

3.ANTV (13.2)

4.SCTV (9.6)

5.MNC TV (9.3)

 

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline