Lihat ke Halaman Asli

IPB Marketing Club

Organization

Strategi Pemasaran Live Shopping Buat Kamu yang Pengen Cuan

Diperbarui: 1 Oktober 2023   12:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di zaman sekarang, kalian pasti sudah tidak asing dengan kata  live shopping. Artikel ini membahas strategi pemasaran live di platform e-commerce

Live shopping telah menjadi alat yang efektif bagi penjual untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung, mempromosikan produk, dan meningkatkan penjualan. 

Tentunya, dengan kecanggihan teknologi di masa sekarang, sudah banyak orang yang melakukan inovasi dalam kegiatan berjualan. Dengan memahami tips dan taktik terbaik, penjual dapat menciptakan pengalaman live yang menarik dan tentu saja menguntungkan. 

Pembeli akan dibuat penasaran dan tertarik dengan produk yang ditawarkan sehingga mereka dapat dengan senang hati membeli produk tersebut.

Live shopping adalah praktik penjual dengan melakukan siaran langsung ke media sosial untuk berkomunikasi tentang produk yang dijual, dan dalam kegiatannya mereka sering memberikan instruksi tentang cara menggunakan produk tersebut. 

Fenomena live shopping telah dipelajari oleh banyak  ahli  untuk menjelaskan apa itu live shopping, teknologi yang digunakan, dan strategi pemasaran yang menggunakan live shopping. Live shopping ialah sebuah  inovasi  baru dari penggabungan  e-commerce dan  jejaring  sosial dimana  konsumen yang menontonnya dapat  langsung  membelinya dengan  sedikit  sentuhan  di  ponsel mereka. 

Pengguna yang menonton live shopping atau tertarik untuk menonton live shopping cenderung memiliki  ketertarikan  pada  produk  yg  sedang  ditawarkan  di  siaran  langsung  tersebut.  Menurut penelitian sebelumnya, taktik live shopping dapat menaikkan minat beli produk secara online oleh pengguna tanpa memperdulikan waktu & ketidakpastian barang (Mindiasari et al.2023).

Munculnya trend live shopping ini tentunya memberikan banyak sekali manfaat kepada para penjual untuk memudahkannya dalam melakukan kegiatan penjualan. Seperti saat adanya fenomena virus Covid-19,  di saat masyarakat sangat susah untuk berpergian keluar rumah untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, live shopping ini sangat membantu mereka karena mereka bisa dengan mudah berbelanja sesuka hati tanpa harus mengkhawatirkan virus tersebut. Ekonomi masyarakat tentunya sangat terbantu dengan adanya live shopping.

Untuk bisa melakukan live shopping yang optimal dan menghasilkan penjualan yang signifikan, penjual tentunya harus mempunyai trik tersendiri saat melakukan penjualan online. Yuk simak beberapa cara ataupun trik agar penjual bisa memanfaatkan live shopping tersebut dengan baik, di antaranya yaitu :

1. Pemilihan Produk yang Tepat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline