Lihat ke Halaman Asli

Mohamad Rivaldi Mole

Mahasiswa Aktif

Pemanfaatan Platform Shopee Sebagai Media Pemasaran Produk kepada Anak-anak Panti Asuhan Ulul Albab

Diperbarui: 12 Desember 2021   12:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pada era reformasi saat ini, teknologi sangat penting hampir di seluruh dunia terutama di Indonesia sendiri. Kemajuan teknologi informasi saat ini banyak mempengaruhi kegiatan-kegiatan di berbagai sektor, salah satunya adalah sektor dalam bidang perdagangan. 

Adanya perubahan ini sangat menguntungkan dalam sektor perdagangan karena mempengaruhi suatu usaha menjadi lebih cepat, mudah, efektif dan efisien. 

Penerapan digital marketing melalui platform Shopee ini merupakan sebuah bentuk pemanfaatan dari adanya kemajuan sebuah teknologi. Penerapan digital marketing ini memiliki fungsi pemasaran agar dapat membentuk mekanisme untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen dan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen serta sebagai media iklan berbasis digital.

Sebelum mahasiswa UMM peserta PMM menerapkan pembelajaran pemanfaatan Shopee sebagai media pemasaran produk kepada anak-anak Panti Asuhan Ulul Albab, dilakukan pendataan terhadap anak-anak Panti Asuhan Ulul Albab ini. Pendataan yang dilakukan adalah mendata harapan, keinginan dan juga cita-cita mereka. 

Sebagian besar hasilnya yaitu kebanyakan dari anak-anak Panti Asuhan Ulul Albab ingin menjadi Wirausahawan. Sehingga mahasiswa peserta PMM dari UMM berinisiatif untuk melakukan pembelajaran pemanfaatan Shopee sebagai media pemasaran produk sebagai dasar pembelajaran bagi mereka jika ingin menjadi seorang Wirausahawan.

whatsapp-image-2021-12-12-at-12-09-02-pm-61b5849406310e10ff4de174.jpeg

Tidak hanya melakukan pembelajaran pemanfaatan Shopee sebagai media pemasaran produk bagi mereka, mahasiswa peserta PMM dari UMM juga menciptakan produk baru bersama dengan anak-anak Panti Asuhan Ulul Albab. 

Produk baru yang diciptakan adalah t-shirt dengan desain yang digambar oleh anak-anak Panti Asuhan Ulul Albab setelah melakukan minat dan bakat pada mereka. Sehingga gambar imajinasi mereka nantinya akan menjadi sebuah karya yang bisa dipasarkan dan dijual pada platform Shopee.

Setelah melakukan pembelajaran dan mendesain produk dari hasil karya mereka, mahasiswa peserta PMM dari UMM akan membantu memasarkan dan menjualkan produk baru ini kepada masyarakat. Setelah kegiatan PMM nantinya selesai, anak-anak Panti Asuhan Ulul Albab dapat melanjutkan usaha ini sebagai dasar pembelajaran bagi mereka untuk ke depannya menjadi seorang Wirausahawan yang sukses.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline