Lihat ke Halaman Asli

Kontroversial Buah Tomat, dari Nama Ilmiah sampai Termasuk Sayuran atau Buah-buahan?

Diperbarui: 6 Juli 2024   21:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri 

Tomat  tidak penting penting amat, namun dia butuhkan  di dapur. Tradisi dikeluarga saya, tomat dugunakan untuk dua  menu, yakni sambel tomat dan jus tomat.  Kadang-kadang juga sayur sop, itulah lauk pauk yang selalau menggunakan tomat.

Tomat sangat baik untuk penambah gurih nasi goreng, rasanya mantap, namun bumbu bali, tamot sejatinya bahan baru, Bumbu Bali memang tidak banyak menggunakan tomat, kini tomat menjadi teman untuk sambel nasi kuning, ikan pindang dan lain-lain. Kebutuhan tomat sangat besar. Oleh karena itu , kebtuha sedikit namun harus ada.

Untuk mentasi keperluan kebutuhan rumah tangga, sangatlah baik  bila dilakukan penanaman tomat, di rumah masing, masing. Cara nya   bisa ditanam langsung , juga bisa ditnnam dalam bentuk tanaman dalam pot.

Ulasan ini berkaitan dengan tanaman tomat , dan aspek kandungan  senyawa bioaktif yang berguna bagi keshetan, khusus penyakit jantung.

SELAYANG PANDANG TANAMAN TOMAT

Tanaman tomat merupakan tanaman merambat, awalnya decumbent, decumbent volume_up UK /dkmb ()nt/ kata sifat (Botany) (dari tumbuhan) yang terletak di sepanjang tanah atau di sepanjang permukaan, dengan ekstremitas melengkung ke atas Contoh P. myriophylla adalah subsemak berkayu yang sering membentuk petak-petak batang sujud atau batang decumbent rooting pada node.

Tomat biasanya tumbuh 180 cm (6 kaki) atau lebih di atas tanah jika ditopang, meskipun varietas semak tegak telah dibiakkan, umumnya setinggi 100 cm (3 kaki 3 inci) atau lebih pendek. Jenis tak tentu adalah tanaman keras yang "lembut", mati setiap tahun di daerah beriklim sedang (aslinya berasal dari dataran tinggi tropis), meskipun dalam beberapa kasus mereka dapat hidup hingga tiga tahun di rumah kaca. Jenis tertentu bersifat tahunan di semua iklim.

Tanaman tomat merupakan tanaman dikotil, dan tumbuh sebagai rangkaian batang bercabang, dengan tunas terminal di ujung yang berfungsi untuk tumbuh. Ketika ujungnya berhenti tumbuh, baik karena pemangkasan atau pembungaan, tunas samping akan mengambil alih dan tumbuh menjadi tanaman merambat lain yang berfungsi penuh.

Tanaman merambat tomat biasanya puber, artinya ditutupi rambut pendek halus. Bulu-bulu tersebut memudahkan proses merambat, berubah menjadi akar di mana pun tanaman bersentuhan dengan tanah dan kelembapan, terutama jika sambungan tanaman merambat ke akar aslinya telah rusak atau terputus.

Sebagian besar tanaman tomat memiliki daun majemuk, dan disebut tanaman daun biasa (RL), namun beberapa kultivar memiliki daun sederhana yang disebut gaya daun kentang (PL) karena kemiripannya dengan kerabat tersebut. Pada tumbuhan RL, terdapat variasi, seperti daun rugose yang beralur dalam, dan daun angora beraneka ragam, yang memiliki warna tambahan dimana mutasi genetik menyebabkan klorofil dikeluarkan dari beberapa bagian daun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline