Lihat ke Halaman Asli

Hati-Hati Kalau AC Anda Kotor, Kesejukan Bisa Membawa Petaka?

Diperbarui: 28 Juni 2024   23:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diolah dari Berbagai Sumber (nl.dreamstime dan SpringerOpen)

Bagi anda yang  menggunakan Ac penyejuk ruangan, namun di balik kesejukkannya juga terdapat resiko mengancam kesehatan penguninya, manakala  anda tak rajin membersihkannya, sehingga harus waspada jangan  sampai kotor.

. AC yang kotor berisiko menjadi sarang atau tempat bertumbuhnya jamur, bakteri dan virus. Bakteri, virus  dan  Spora jamur tersebut dapat menyebar dan berkembangbiak di seluruh ruangan dan akhirnya memicu gangguan pernapasn jika dihirup oleh manusia.

Kamar hotel yang ber-AC, dan ditempai oleh beragam tamu, juga dapat menjadi media perantara penyebaran penyakit. Wisatwan tidaklah steril dari  bakteri, atau mikroorganisme  penyebab penyakit.

Salah satu bakteri yang serius diteliti dari kecorobohan penggunaan AC yang jarang diberihkan adalah tumbuhnya bakteri  dari genus Legionella, yang dapat menyebabkan penyakit Legionellosis

Kasus yang pernah dilaporkan oleh pihak Australia  tentang penyakit itu, adalah Pada bulan Desember 2019, Departemen Kesehatan pemerintah Australia Barat diberitahu tentang empat kasus penyakit Legiuner.

Mereka yang terpapar baru-baru ini mengunjungi  Ramayana Resort and Spa Bali di pusat Kuta. Warga Australia Barat yang baru-baru ini berkunjung ke Bali atau berencana melakukan perjalanan ke pulau tersebut diperingatkan akan potensi risiko penyakit Legiuner di Ramayana Resort and Spa di pusat Kuta. Hal ini terjadi setelah kasus keempat yang dilaporkan di WA sejak bulan Februari. Direktur Pengendalian Penyakit Menular Departemen Kesehatan WA Paul Armstrong mengatakan hotel tersebut terkait dengan wabah sebelumnya pada tahun 2010 dan 2011, yang berdampak pada sedikitnya 13 warga Australia(https://www.sbs.com.au/).

Orang bisa tertular penyakit Legionnaires setelah menghirup tetesan air yang mengandung bakteri Legionella. Sumber paparan yang umum mencakup perangkat yang menghasilkan kabut air, seperti bak mandi air panas, pancuran, air mancur hias, dan menara pendingin. Dalam wabah ini, tampaknya sumber paparan yang paling mungkin adalah kabut air dari peralatan di gedung seperti pancuran atau keran.

BAKTERI LEGIONARE

Dari laman Wekipedia, disebutkan bahwa Legionella adalah genus bakteri gram negatif patogen yang mencakup spesies L. pneumophila, menyebabkan legionellosis (semua penyakit yang disebabkan oleh Legionella) termasuk penyakit jenis pneumonia yang disebut penyakit Legionnaires dan penyakit ringan mirip flu yang disebut demam Pontiac.

Legionella dapat divisualisasikan dengan pewarnaan perak atau dikultur dalam media yang mengandung sistein seperti agar ekstrak ragi arang yang disangga. Hal ini umum terjadi di banyak lingkungan, termasuk sistem tanah dan perairan, dengan setidaknya 50 spesies dan 70 serogrup teridentifikasi. Namun bakteri ini tidak menular dari orang ke orang; Selain itu, sebagian besar orang yang terpapar bakteri tersebut tidak menjadi sakit. Sebagian besar wabah disebabkan oleh menara pendingin yang tidak dirawat dengan baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline