Lihat ke Halaman Asli

Inung Kurnia

TERVERIFIKASI

Gemar berbagi kebaikan melalui tulisan

Museum Basoeki Abdullah Gelar Kompetisi Melukis, Hadiahnya Total Rp125 Juta!

Diperbarui: 11 Maret 2022   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jurinya Mas Yusuf lagi kasih keterangan (dokpri)

Halo kalian yang suka, hobi dan punya kemampuan melukis! Tahun ini Museum Basoeki Abdullah kembali menantang kalian unjuk kebolehan menuangkan karya lukismu dalam kompetisi Basoeki Abdullah Art Award alias BAAA #4. Mengambil tema IDEOLOGI : Kini, Tokoh dan Bangsa, kompetisi yang berlangsung 1 April hingga 10 Juli 2022 ini mengundang kalian dengan rentang usia 17-30 tahun untuk unjuk karya dalam bentuk lukisan dua dimensi.

Dalam kompetisi ini, Museum Basoeki Abdullah menyediakan hadiah total Rp125 juta untuk lima pemenang. Keren yak?

Kata Kepala Museum Basoeki Abdullah Maeva Salmah, kompetisi BAAA 2022 ini telah digelar secara rutin tiga tahun sekali sejak 2013. Kompetisi ini menjadi bagian dari upaya Museum Basoeki Abdullah menjalankan fungsi layanan kepada masyarakat yakni memberikan edukasi, publikasi dan penyajian terhadap benda bernilai seni dan karya dari Basoeki Abdullah. Fungsi layanan ini ditujukan untuk menumbuhkembangkan apresiasi dan kebanggaan masyarakat terhadap sosok Basoeki Abdullah sebagai maestro seni lukis Indonesia.

"Melalui kompetisi BAAA, Museum Basoeki Abdullah juga ingin memberikan ruang apresiasi, ekspresi, edukasi dan kreasi bagi generasi seni rupa muda Indonesia," kata Maeva, Jumat (11/3/2022).

Tema BAAA ke-4 kali ini diambil dengan pertimbangan bahwa Basoeki Abdullah semasa hidupnya banyak menciptakan karya seni lukis dengan figur tokoh bangsa, baik tokoh sezaman, maupun yang dikaitan dengan peristiwa perjuangan Bangsa Indonesia.

Menurut Maeva, tema Tokoh Bangsa bukan terbatas pada lukisan potret, namun juga terkait kepekaan estetis yang tinggi dalam konteks realitas sosial dan berbagai peristiwa sejarah di mana seorang tokoh berperan di dalamnya. Pemahaman sederhana ini membawa kita dalam pengembangan tema lukisan Tokoh Bangsa menjadi tema lebih kontekstual dengan spirit zamannya IDEOLOGI : Kini, Tokoh dan Bangsa.

"Kini adalah zaman kita, sedangkan kita adalah tokoh, dan semua bangsa selalu ada di bibir sag ideolognya," jelas Maeva.

Kompetisi ini menghadirkan tim juri terdiri atas Mikke Susanto, Citra Smara Dewi, Yusuf Susilo Hartono, Djuli Djatiprambudi dan Sally Texania. Total hadiah yang diperebutkan adalah Rp125 juta untuk 5 karya terbaik dan pameran hasil karya kompetisi untuk 25 nominator merupakan daya tarik tersendiri dari kompetisi ini.

"Silakan peserta kompetisi bisa mulai mengirim karya BAAAA #4 mulai 1 April 2022 melalui email basoeki.abdullah@gmail.com," kata Yusuf Susilo Hartono.

Salah satu karya lukis di Museum Basoeki Abdullah (dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline