Lihat ke Halaman Asli

Usaha dan Kesuksesan

Diperbarui: 18 April 2016   23:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Ini adalah tulisan pertama saya di kompasiana.

Motif saya mulai menulis di kompasiana adalah karena saya tergelitik setelah melihat dan mengamati fenomena sosial di internet dimana saya melihat banyaknya pro dan kontra terhadap suatu hal. Sering kali mereka memperjuangkan pandangan pandangan pribadi nya namun dengan cara yang kurang etis dan berpotensi mengerdilkan orang lain. Untuk itu, saya mencoba untuk berbagi pandangan saya terhadap suatu fenomena ini.

Oke, pertama tama, saya pernah membaca di suatu forum social media yang sedang membahas topik mengenai Iko Uwais, Yayan Ruhian, serta Cecep Arif Rahman yang berhasil menembus dunia perfilman internasional melalui film Star Wars. Para aktor pemeran film The Raid ini dinilai telah membawa nama baik indonesia ke kancah internasional.

Pada forum tersebut, ada beberapa pandangan dan komentar masyarakat. Ada yang memuji perjuangan mereka, ada yang mencibir sesama netizen karena dianggap terlalu berlebihan menyikapi hal ini, serta ada juga yang malah mencibir artis indonesia lain yang menurut mereka "Sok Go Internasional". Mereka mencibir seorang artis tersebut dengan membanding bandingkannya dengan Iko Uwais dan kawan kawan. Apakah tindakan mereka bijak? TIDAK!

Berbagai hujatan dilontarkan oleh mereka sampai saya akhirnya memutuskan untuk memberi komentar. Oke, saya akan memberikan perumpamaan. Ada 2 orang yang berusaha keras untuk menggapai mimpinya, namun hanya 1 dari 2 orang itu yang sukses menggapai mimpinya. Apakah 1 orang yang gagal ini harus dicibir dan dihina karena kalah dari orang lain? Bukankah dia juga sudah berusaha dan BERANI berjuang untuk menggapai cita citanya?

Bagaimana dengan diri anda, apakah anda bekerja keras untuk menggapai mimpi dan cita cita anda? Atau anda pasrah pada keadaan dan merelakan cita cita anda?

Berusaha itu tidak salah. Apapun hasilnya, usaha mereka harus diapresiasi dan kita tidak punya hak untuk mencibir mereka. 

Saya pernah membaca kalimat berikut dari sebuah buku yang saya tidak ingat judulnya walaupun sudah berpikir keras :(

Tidak semua orang yang berusaha keras itu sukses... Tapi, semua orang yang sukses berawal dari usaha yang keras..

Saya mengenal berbagai macam orang yang berusaha keras dalam hidupnya. Ada yang sukses, namun ada juga yang gagal. Apakah orang yang gagal itu harus dicibir? Saya rasa tidak.

Pesan saya kepada pembaca tulisan saya yang berantakan ini adalah, berusaha keras menggapai mimpi itu bukan hal yang salah dan kita tidak berhak untuk mencibir mereka yang kesulitan atau gagal dalam menggapai cita citanya. Mereka berani berjuang dan berusaha untuk hal itu. Bagaimana dengan kita?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline