Lihat ke Halaman Asli

Hukum Dasar Kimia, Stoikiometri, Rumus Empiris & Rumus Molekul, Ikatan Kimia, Ikatan Hidrogen, serta Larutan Elektrolit dan Larutan Non Elektrolit

Diperbarui: 15 Januari 2023   10:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Hukum Dasar Kimia

Atom tidak memiliki kemampuan untuk menciptakan atau menghancurkan diri mereka sendiri. Ketika atom-atom dari berbagai unsur bergabung dalam rasio bilangan bulat tertentu, atom-atom majemuk dihasilkan. Atom dari unsur yang sama dapat bergabung dalam berbagai cara untuk membuat dua atau lebih senyawa.

Ilmuwan John Dalton (1766-1844) dikreditkan dengan penemuan teori atom. Teori tersebut membahas berbagai topik yang relevan di dunia nyata, termasuk konstitusi kalung emas murni, bagaimana emas murni berbeda dari perak murni, dan apa yang terjadi jika emas murni digabungkan dengan tembaga murni.

Antoine Lavoisier merumuskan kembali hukum kekekalan massa untuk kimia, yang "menyatakan bahwa atom suatu benda tidak dapat dibuat atau dihancurkan, tetapi dapat dipindahkan mengelilinginya dan diubah menjadi berbagai partikel" (1743-1794).

Hukum kekekalan massa menyatakan bahwa massa total sebelum dan sesudah reaksi kimia adalah sama; dengan kata lain, massa diawetkan. Menurut aturan kekekalan massa, massa total yang ada sebelum reaksi kimia sama dengan massa total yang ada setelah reaksi.

Hukum perbandingan tetap (juga dikenal sebagai Hukum Proust atau Hukum Komposisi Konstan) dikembangkan oleh Joseph Proust (1754-1826). Hukum ini menegaskan bahwa terlepas dari jumlah atau sumber zat asalnya, ketika suatu senyawa dipecah menjadi unsur-unsur dasarnya, massa penyusunnya akan selalu memiliki proporsi yang sama. Hukum ini sebagian besar didasarkan pada penelitian Joseph Proust dengan karbonat tembaga dasar.

Hukum Proporsi Pasti menegaskan bahwa konstituen dari jenis komposisi kimia tertentu selalu dicampur dalam proporsi massa yang sama.

Ketika elemen bereaksi bersama untuk menghasilkan produk yang sama, Hukum Proporsi Pasti berlaku. Akibatnya, Hukum Proporsi Tetap dapat digunakan untuk membandingkan dua percobaan di mana hidrogen & oksigen bereaksi membentuk air, tetapi tidak dapat digunakan untuk membandingkan dua percobaan di mana oksigen dan hidrogen bereaksi membentuk hidrogen peroksida.

Hukum kimia adalah hukum alam yang berlaku untuk kimia. Hukum kekekalan massa, yang menegaskan bahwa tidak ada perubahan terukur dalam jumlah materi yang terjadi selama reaksi kimia rata-rata, adalah prinsip paling mendasar dalam kimia.

Fisika modern menunjukkan bahwa energi itu kekal, dan bahwa energi & massa saling terkait, sebuah fakta yang sangat penting dalam kimia nuklir. Prinsip-prinsip penting kesetimbangan, termodinamika, dan kinetika semuanya didasarkan pada kekekalan energi.

Hukum stoikiometri, atau proporsi gravimetri yang digunakan unsur kimia dalam proses kimia, merupakan perpanjangan dari hukum kekekalan massa. Menurut hukum komposisi pasti Joseph Proust, bahan kimia murni terdiri dari unsur-unsur dalam urutan tertentu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline