Lihat ke Halaman Asli

Best Practice Metode STAR : Model Pembelajaran Project Based Learning

Diperbarui: 8 Desember 2022   13:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Materi Perkembangan Teori Model Atom di Kelas X SMA Multazam IBS

Penulis                                : Intan Yani Pratiwi, S.Pd.

Lokasi                                  :  SMA Multazam IBS

Lingkup Pendidikan      :  Sekolah Menengah Atas

Tanggal                                :  18 November 2022

Tujuan yang ingin dicapai: 

  • Meningkatkan Keterampilan Abad 21 (4C) dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Perkembangan Teori Model Atom di Kelas X SMA Multazam IBS Semarang

Situasi (Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini )

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

  • Pembelajaran di kelas masih menitik-beratkan peran guru sebagai penyampai pengetahuan dan peserta didik hanya dijadikan sebagai penerima informasi, sehingga peserta didik tidak aktif dalam kegiatan belajar
  • Peserta didik kurang percaya diri saat diminta presentasi
  • Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran untuk meingkatkan keterampilan 4C (Critical Thinking, Communication, Creative Thinking, dan Collaboration)
  • Sifat kritis peserta didik saat menerima informasi masih kurang, tidak menyelidikinya terlebih dahulu, serta terburu-buru dalam menarik kesimpulan
  • Peserta didik masih kurang mampu untuk menyampaikan gagasan atau pendapat
  • Peserta didik tidak percaya diri saat bertanya dan memberikan tanggapan

Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena sebagai referensi alternatif solusi untuk pembaca khususnya rekan sesama guru. Harapannya rekan guru yang membaca best practice ini bisa termotivasi dan terinspirasi untuk mengatasi permasalahan yang sama. Penulis dan pembaca dapat melaksanakan pembelajaran inovatif dan menjadi informasi serta langkah perbaikan kedepan nya.

Peran dan tanggung jawab penulis dalam praktik ini antara lain :

  • Melaksanakan pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan keterampilan abad 21 (4C) peserta didik di kelas X pada materi Perkembangan Teori Model Atom
  • Merancang perangkat pembelajaran dengan Model Project Based Learning pada materi Perkembangan Teori Model Atom
  • Memastikan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik
  • Menjadi fasilitator peserta didik pada proses pelaksanaan projek.

Tantangan (Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline