Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Undip X Unicef 2020 Membuat "Pamflet Pola Hidup Sehat dan Sosialisasi 3M serta Pembagian Masker"

Diperbarui: 24 November 2021   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 masih belum berakhir hingga akhir tahun 2021 ini. Pandemi covid-19 sangat berdampak di semua sektor baik dari sektor ekonomi, pariwisata hingga pendidikan. 

Walaupun angka covid-19 sudah tidak setinggi tahun 2020 hingga awal tahun 2021, namun masyarakat masih perlu waspada dengan adanya covid-19 ini. Bahkan orang-orang yang sudah vaksin pun tetap harus waspada dengan adanya covid-19 yang belum berakhir hingga akhir tahun 2021 ini. 

Vaksinasi hanya untuk mengurangi tingkat risiko apabila postif covid dan juga menciptakan herd immunity. Selain vaksinasi, masyarakat juga perlu mengatur pola hidup sehat dan juga memperketat protokol 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga Jarak). Sebenarnya 2 hal itu secara teori sangat mudah untuk dilakukan, namun pada kenyataanya masyarakat masih lalai akan hal itu.

Gambar 1. Pamflet Edukasi Pola Hidup Sehat/Dokpri


Gambar 2. Penempelan Poster di Terminal Bakalan Krapyak/Dokpri

Melalui kegiatan KKN Tematik UNDIP x UNICEF ini, mahasiswa mengedukasi masyarakat dengan membuat pamflet berisikan informasi pola hidup sehat yang bisa diterapkan saat pandemi dan juga melakukan sosialisasi 3M dengan masyarakat yang ada di Terminal Bakalan Krapyak. Pola hidup sehat di saat pandemi sangat berpengaruh penting untuk menjaga imunitas tubuh.

Dokpri

Dokpri

Gambar 4,5,6. Pembagian Masker dan Mengedukasi Masyarakat Pentingnya 3M/Dokpri

Selain itu, mahasiswa KKN UNDIP x UNICEF juga membagikan membagikan masker kepada penjual dan juga peziarah yang ada di Terminal Bakalan Krapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. 

Dengan adanya pembagian masker ke penjual dan peziarah yang ada disana diharapkan dapat membantu program mengenai pentingnya 3M dan mengingatkan kepada masyarakat bahwa memakai masker itu penting karena sekarang banyak orang yang lalai untuk memakai masker.

Penulis : Intan Tsania Putri, Program Studi Agribisnis, Fakultas Peternakan dan Pertanian

Dosen Pembimbing : Ir. Gentur Handoyo, M.Si

Lokasi KKN : Desa Bakalan Krapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline