Lihat ke Halaman Asli

Inovatif: Mahasiswa AM UM Menjalankan Proker Go Green School Guna Menanamkan Nilai-Nilai Berwawasan Lingkungan Hidup

Diperbarui: 4 Desember 2023   17:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengelolaan Sampah Organik (Sumber: Dokumen Pribadi)

                 Pakisaji 2023, Mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang mengusung program kerja Go Green School di SMP Negeri 1 Pakisaji yang secara khusus bertujuan untuk mendukung sekolah dalam menjalankan peran kunci menanamkan kepedulian lingkungan pada generasi muda untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup ini secara berkelanjutan.

                 Diketahui pada saat ini di SMP Negeri 1 Pakisaji sedang mengadakan program Sekolah Adiwiyata. Guna menunjang program Adiwiyata tersebut maka diimplementasikannya program Go Green School selama bulan November. Program Go Green School ini tak hanya diisi dengan kegiatan mengelola greenhouse sekolah, tetapi juga diintegrasikan dengan berbagai kegiatan seperti pembuatan ecoprint, pembuatan pupuk kompos, identifikasi jenis tanaman menggunakan aplikasi PlantNet dan pemasangan palang nama tanaman.

Identifikasi Tanaman (Sumber: Dokumen Pribadi)

Pembuatan Ecoprint (Sumber: Dokumen Pribadi)

                   Target peserta yang mengikuti adalah siswa-siswi ekstrakurikuler IPA. Kegiatan Go Green School dilaksanakan secara offline setiap hari senin sepulang sekolah pada jam ektrakurikuler IPA yakni 13.30 -- 15.30 WIB. Kegiatan Go Green School selama satu bulan tersebut dibina dan diawasi langsung oleh Mahasiswa Asistensi Mengajar Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang Tahun 2023.

Pengelolaan GreenHouse (Sumber: Dokumen Pribadi)

                      Suatu pembelajaran lingkungan hidup dapat berjalan efektif apabila didukung oleh lingkungan belajar yang bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar di luar kelas, mengamati lingkungan alam di sekitarnya serta berlatih memecahkan permasalahan yang terjadi di lingkungannya. Langkah inovatif ini diharapkan dapat memotivasi siswa SMP Negeri 1 Pakisaji untuk lebih peduli terhadap lingkungan serta selalu menjaga kelestarian lingkungan.

                      Lebih lanjut, kegiatan asistensi mengajar mahasiswa UM di SMP Negeri 1 Pakisaji dapat diakses melalui IG @am_um_spanepa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline