Lihat ke Halaman Asli

intan sari rufiana

Dosen di Universitas Negeri Malang

Tim Peneliti SPs UM Melaksanakan Kegiatan di SDN 1 Kesatrian Kota Malang

Diperbarui: 16 Agustus 2024   10:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Di era sekarang ini, perkembangan teknologi informasi memberikan efek yang luar biasa pada kuantitas dan kualitas data yang dihasilkan. Perkembangan dari banyaknya data, peningkatan kerumitan dimensi data berefek pada semakin bertambahnya kebutuhan terhadap statistika.

Masalah kontroversial juga merupakan topik yang dipandang sebagai masalah yang layak diperdebatkan dimana tidak semua orang memiliki perspektif yang sama terhadap masalah tersebut. Hingga kini, penyelesaian masalah kontroversial menjadi problema bagi siswa khususnya tingkat sekolah dasar. Mayoritas siswa mengalami kesulitan dalam memahami konteks, mengidentifikasi langkah dan menentukan jawaban yang tepat sesuai dengan konteks masalah kontroversial.

Tim peneliti yang diketuai oleh Dr. Intan Sari Rufiana, M.Pd dan beranggotakan Dr. Slamet Arifin, M.Pd., Dr. Ratna Ekawati, M.Pd , Fierda Nursitasari Amaliya, S.Pd., Mohammad Yusuf Randy, S.Pd., ini mengusung tema yang berjudul “(KPS) Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontroversial Sekolah Dasar” Dalam kegiatan ini masalah kontroversial yang dimaksud adalah masalah terkait dengan statistika. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2024 sampai dengan 9 Agustus 2024. Kegiatan ini melibatkan 24 subjek penelitian dimana subjek penelitian adalah siswa kelas 6 SDN 1 Kesatrian Malang.

Dokumentasi Pribadi

Dari 24 siswa tersebut terhimpun data hasil tes dan hasil wawancara.  Pada kegiatan penelitian ini berfokus pada pelevelan penalaran kontroversial siswa. Dimana siswa yang mengerjakan soal tes terkait dengan masalah kontroversial kemudian dari hasil jawaban siswa tersebut dilanjutkan dengan proses wawancara untuk mengkonfirmasi jawaban siswa pada saat tes. Dari hasil penelitian ini didapat 3 kelompok siswa yang masuk pada level penalaran kontroversial dalam statistika. Level penalaran kontroversial ini terdiri dari level paling awal yakni level initial, kemudian level eksploratif dan level klarifikasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline