Lihat ke Halaman Asli

Intan Sakinah

Mahasiswa

3. Teori Lev Vygotsky dan Piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

Diperbarui: 18 Januari 2025   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori Jean Piaget

Menurut Jean Piaget, perkembangan kognitif didefinisikan berdasarkan cara anak-anak berinteraksi dengan lingkungannya. Anak-anak secara aktif membentuk dan menciptakan skema, yaitu kerangka kognitif yang mereka gunakan untuk mengorganisir dan memahami suatu informasi. Suatu informasi juga dapat diterima oleh anak melalui pengalamannya dalam berinteraksi dengan peristiwa tertentu dan menciptakan skema. Dalam proses perkembangannya, skema ini mengalami beberapa proses adaptasi yang terbagi menjadi dua konsep:

A. Asimilasi

Dalam teori perkembangan kognitif Jean Piaget, asimilasi adalah proses di mana anak-anak mengintegrasikan informasi atau pengalaman baru ke dalam skema yang sudah ada. Ketika anak menghadapi sesuatu yang baru, mereka mencoba memahami dan menyesuaikannya dengan pola pemahaman yang sudah mereka miliki. Misalnya, ketika seorang anak yang sudah mengenal "anjing" sebagai hewan berbulu dan berkaki empat melihat seekor kambing untuk pertama kalinya. Karena kambing memiliki karakteristik serupa dengan anjing dalam skema anak, seperti memiliki bulu dan empat kaki, si anak mungkin menganggap kambing tersebut adalah sebagai "anjing".

Elsa Wulandari

Beranda

News

Konten dari Pengguna

Mengenal Teori Jean Piaget dan Lev Vygotsky dalam Perkembangan Kognitif Anak

Elsa Wulandari

Mahasiswi aktif Program Studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023. Saya memiliki hobi memasak dan mendengarkan musik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline