Lihat ke Halaman Asli

Intan Safitri

Mahasiswa

Pengaruh Gadget bagi Anak Zaman Sekarang

Diperbarui: 22 Desember 2022   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Abstrak 

Pengaruh gadget bagi anak zaman sekarang adalah salah satu objek utama dalam sorotan belajar. Kehadiran gadget terutama dalam bentuk smartphone telah banyak memberikan kontribusi tidak hanya digunakan oleh orang tua tapi juga dengan anak muda zaman sekarang. Perkembangan teknologi informasi dan komuikasi dewasa ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Akan tetapi kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini membuat hampir tidak ada bidang kehidupan manusia yang bebas dri penggunaannya, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Gadget dapat menjadi suatu yang bermanfaat jika digunakan dengan bijak dan sebaik mungkin. Akan tetapi bagi anak-anak perlu pengawasan yang cukup ketat dari orang tua untuk senantiasa memantau anaknya selama menggunakan gadget. Karena dari sisi lain yang lain, gadget juga dapat membawa hal negatif. Perkembangan teknologi zaman ekarang semakin canggih dan berkembang. Hal ini menyebabkan belajar pengaruh dalam pola hidup manusia baik pola pikir maupun prilaku. 

Tujuan dari artikel ini untuk menjelaskan bagaimana pengaruh gadget bagi zaman sekarang seberapa berpengaruhnya gadget ini. Mayoritas anak di indonesia menghabiskan waktu dengan bermain gadget.

Kata Kunci: Pengaruh, Gadget, Kehidupan Sosial, Perkembangan Anak. 

A. Pembahasan

Gadget merupakan salah satu bentuk nyata dari perkembangannya ipteks, hal ini sangat mempengaruhi pola kehidupan manusia baik dari segi pola pikir maupun prilaku. Gadget adalah piranti yang berkaitan dengan perkembangan teknologi saat ini. Tentunya dengan bantuan teknologi seperti gadget dapat mempermudah kegiatan manusia agar tidak memakan waktu yang lama. Selain itu, pengunaan gadget dalam kehidupan sehari hari tidak hanya mempengaruhi perilaku orang dewasa, anak-anak pun luput dari pengaruh penggunaan gadget salah satunya dalam kemampuan interaksi sosial. 

Dengan seringnya anak bermain gadget dampak negatif akan timbul lebih banyak karena melihat smartphone saja sudah tidak baik bagi kesehatan. Tidak dapat dipungkiri, gadget sangat mempengaruhi kehidupan manusia baik orang dewasa maupun anak-anak. Smartphone, notebook, table dan aneka ragam bentuk gadget dalam kehidupan sehari-hari sangat mudah ditemu pada zaman sekarang. 

Hal seperti ini bukan hal yang mewah untuk zaman sekarang, karena sebagian dari anak-anak sudah di fasilitasi oleh orang tuanya sendiri agar orang tua lebih leuasa untuk melakukan aktivitas tanpa harus mendampingi anak bermain. Namun tanpa disadarisebenarnya hal yang seperti ini mempengaruhi interaksi sosial bagi anak bagaimana car dia mengekspresikan sikap yang baik kepada orang lain karena terlalu jarangnya ia dalam berinteraksi.

Tetapi pada dasarnya, gadget diciptakan untuk kemudahan konsumen dalam menggunakan media komunikasi atau untuk mempermudah dalam mengakses informasi juga mempermudah pelajar untuk belajar. Perlu diperhatikan perlu diperhatikan bahwa setiap hal apapun apabila digunakan secara baik akan menimbulkan hal yang baik. Jika digunakan secara berlebihan dan tidak semestinya, akan menimbulkan bebrapa pengaruh yang kurang baik pula.

Adapula beberapa faktor mengapa gadget sangat berpengaruh pada kehidupan juga terutama dampak bagi anak zaman sekarang, antar lain: 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline