Lihat ke Halaman Asli

Intan Nurbela

Mahasiswa

Gotong Royong Pembangunan Pondok Pesantren Miftahul Hidayah

Diperbarui: 20 Maret 2021   12:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Gotong royong yaitu kegiatan yang dilakukan secara bersama dan bersifat suka rela dengan tujuan untuk memperlancar suatu pekerjaan agar menjadi mudah dan ringan.


Dalam Al-Quran kata gotong royong atau kerja sama berasal dari  kata ta'awun, di mana kata dasarnya berasal dari ta'awana-yata'awanu. Kata ini memiliki konotasi saling menolong, yang berarti kedua belah pihak secara aktif melakukan pertolongan satu sama lain. Karakter dasar manusia inilah yang menempatkan dirinya menjadi sebuah keniscayaan, di mana dalam mengarungi dan memenuhi kebutuhan kehidupannya di dunia ia tidak mampu hidup sendiri. Dalam QS. al-Maidah: 2, Allah swt berfirman yang berbunyi:

    "Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolonglah dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya"[QS. Al-Maidah: 2]


Ayat di atas menjelaskan tentang prinsip-prinsip kerja sama atau tolong-menolong. Dengan redaksi perintahnya, Allah menyuruh kerjasama untuk kepentingan kebaikan dan ketakwaan.


Pada tanggal 6 Juni 2019, masyarakat Kampung Babakan Abid melaksanakan gotong royong pembangunan Pondok Pesantren Miftahul Hidayah yang berada di RT 01 RW 02 Desa Suci Kaler Kecamatan Karang Pawitan Kabupaten Garut. Yang diawali dengan diadakannya musyawarah untuk penggalangan dana dan memulai pembangunan.

 Awalnya masyarakat kampung babakan abid hanya memiliki niat untuk membangun pondok pesantren . Namun, para santri dan tokoh masyarakat kampung Babakan Abid mengamalkan ijazah membaca basmalah sebanyak 168 kali, bershalawat dan berdoa supaya bisa membangun pesantren tersebut.Selain Itu, Bapak Ustad Syarif Pudin mengajukan profosal pembangunan dan berikhtiar untuk pembangunan pondok pesantren tersebut. Setelah beberapa bulan alhamdulillah ada seorang donatur yang menyumbangkan sejumlah uang untuk pembangunan pondok pesantren. Selain itu warga masyarakat kampung Babakan abid juga ikut menyumbang sejumlah uang tiap minggunya, ada juga yang menyumbangkan makanan dan juga tenanganya. Alhamdulilah Allah Subhanahu Wataala memberikan jalan dan memudahkan pembangunan Pondok Pesantren tersebut.

 Setelah beberapa bulan akhirnya Pondok pesantren Miftahul Hidayah selesai dibangun, karena banyaknya warga yang bergotong royong dalam membangun Pondok tersebut jadi mempercepat pembangunan.

 Pada tanggal 11 Maret 2021,masyarakat Kampung Babakan Abid mengadakan Rajaban yang tempatnya didepan Pondok Pesantrn Miftahul Hidayah. Para panitia mengadakan beberapa acara yang memeriahkan acara tersebut diantaranya yaitu qosidahan diberbagai pengajian di kampung Babakan abid , membaca kitab kunig, hafalan tasrifan dan nadzom amsilati. Setelah selesai acara, pada malam harinya masyarakat kampung Babakan Abid mengadakan Tablig Akbar sekaligus pembukaan Pondok Pesantren Miftahul Hidayah. 

Oleh karena itu,dengan adanya gotong royong masyarakat kampung Babakan Abid menjadi masyarakat yang menciptakan rasa persatuan dan kesatuan, menghargai satu sama lain dan mempererat tali persaudaraan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline