Lihat ke Halaman Asli

Bina Desa Sumberrejo

UPN "Veteran" Jawa Timur

Banyaknya Limbah Daun Kopi di Sumberrejo, Mahasiswa Bina Desa UPNVJT Mengolahnya Menjadi Teh Daun Kopi

Diperbarui: 23 Mei 2022   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses Pengeringan Teh Daun Kopi (Dokpri)

Desa Sumberrejo adalah salah satu desa di Kabupaten Purwosari yang terkenal dengan kekayaan alam yang melimpah, banyak sekali warga di Desa Sumberrejo yang memanfaatkannya untuk digunakan sebagai ladang usaha. Seperti halnya banyak terdapat pohon durian, ada juga pohon pisang yang buahnya dibuat keripik, lalu ada juga yang mempunyai kebun kopi yang bijinya akan dibuat bubuk kopi, bahkan tidak sedikit warga yang sudah menjual produknya sampai diluar daerah. Hal itu sangat bagus untuk meningkatkan ekonomi penduduk di Desa Sumberrejo. Karena hampir setiap rumah memiliki usaha atau home industri.

Tetapi, tidak banyak warga yang mengetahui bahwa tidak hanya biji kopi yang dapat menghasilkan nilai jual tetapi ada daun kopi yang dapat dimanfaatkan sebagai teh yang kaya akan antioksidan.

Daun teh kopi ini juga sangat baik untuk dikonsumsi. Mengapa daun teh kopi ini sangat baik untuk dikonsumsi ? Karena sejumlah sifat kesehatan yang menguntungkan telah dikaitkan dengan kopi, antara lain adalah diuretik, antimikroba dan aktivitas antioksidan.

Banyak warga yang membuang sia-sia daun teh kopi tersebut padahal jika diolah akan dapat dijual dan produk teh ini juga dapat bersaing dengan produk lain. Maka dari itu, mahasiswa bina desa UPNVJT berinisiatif untuk mengenalkan produk teh daun kopi kepada masyarakat bahwa daun kopi sebenarnya memiliki nilai jual dengan berbahan baku utama limbah.

Mahasiswa Bina Desa UPNVJT 2022 mengharapkan dengan adanya produk inovasi ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Mungkin dapat dijadikan sebagai produk oleh-oleh khas Desa Sumberrejo. Apalagi didukung dengan adanya beberapa tempat wisata yang ada di Desa Sumberrejo sehingga dapat dijadikan buah tangan oleh para wisatawan.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline