Lihat ke Halaman Asli

Bantu UMKM, Mahasiswi Universitas Mercu Buana Kembangkan Brand Awareness dan Promosi Digital di Media Sosial

Diperbarui: 24 Mei 2024   01:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan TAPN Melalui Mini Workshop

JAKARTA – Mahasiswi Universitas Mercu Buana terus berkontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian lokal melalui program Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN). TAPN merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh Mahasiswa/i Universitas Mercu Buana sebagai salah satu bentuk pengabdian diri kepada masyarakat secara langsung.

Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN) ini mengusung tema “Pelatihan dan Pendampingan Media Sosial Instagram UMKM Dapur Daeng dalam meningkatkan Brand Awareness” yang dilakukan oleh tiga Mahasiswi yaitu, Intan Amelia Safitri, Yosephine Freta Anggita Sianturi dan Aulia Zahra dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Komunikasi Digital.

Dokumentasi Kegiatan Pemaparan Materi dan Pelatihan

Kegiatan ini dilaksanakan di Cafe, Meruya Selatan, Jakarta Barat, berfokus pada memberikan pelatihan dan pendampingan yang dihadiri oleh pelaku UMKM Dapur Daeng sebagai audiens, dalam memanfaatkan Instagram sebagai platform promosi yang efektif. Dengan kegiatan ini, UMKM Dapur Daeng dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam merencanakan strategi promosi, merancang konten yang menarik, dan membangun interaksi yang berarti dengan konsumen potensial.

Menurut Intan, "Di era digital ini, keberadaan media sosial seperti Instagram sangat penting bagi UMKM untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi UMKM Dapur Daeng dalam memanfaatkan potensi penuh media sosial untuk pertumbuhan bisnis mereka."

Kegiatan Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN) ini diselenggarakan pada Jumat, 19 April 2024 pukul 14.30 WIB dengan beberapa tema mengenai pemanfaatan instagram dalam memaksimalkan promosi di media sosial yaitu melalui perencanaan konten media, pembuatan konten dan juga mengevaluasi konten.

Pada kegiatan tersebut, masing-masing mahasiswi menyampaikan materi yang relevan dengan tema yang berbeda. Intan Amelia Safitri membahas Perencanaan Konten yang Efektif, Aulia Zahra fokus pada Produksi Konten di Media Sosial, sementara Yosephine Freta Anggita S memberikan wawasan tentang Pengelolaan Media Sosial Sebagai Media Promosi untuk membangun interaksi yang menarik di platform Instagram.

Dokumentasi kegiatan ini mencatat bahwa pendampingan yang diberikan oleh mahasiswi tidak hanya berhenti pada penyampaian materi, tetapi juga melibatkan sesi pelatihan untuk membantu UMKM Dapur Daeng mengimplementasikan berdasarkan materi yang telah diberikan.

Kegiatan TAPN ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen mahasiswa/i Fikom Universitas Mercu Buana dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan perekonomian lokal. Diharapkan, melalui upaya kolaboratif seperti ini, UMKM Dapur Daeng dan UMKM lainnya dapat terus berkembang dan bersaing dalam era digital yang semakin kompetitif.

Penulis : Intan Amelia Safitri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline