Lihat ke Halaman Asli

Jalur Sementara Malam Tahun Baru

Diperbarui: 30 Desember 2015   22:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jogja  - malam tahun baru atau malam tutup tahun sejumlah ruas jalan di kota jogja dan sekitarnya di perkirakan akan mengalami kemacetan. Kondisi yang paling parah di perkirakan akan terjadi di ruas jalan yang menjadi jantung kota atau pusat kota jogja yaitu malioboro hingga kawasan titik nol. Untuk mengantisipasi hal tersebut polresta jogja akan menerapkan rekayasa jalur malam tahun baru. Semua jalur arah masuk malioboro sementara akan ditutup antara lain, samping pku , simpang empat gondomanan, simpang tiga pasar kembang, simpang empat jagran dan depanditlantas. Penutupan jalan di kawasan malioboro akan dilakukan pada pukul 19:00 namun secara selektif akan dilakukan pada pukul 17:00. Lalu akan di temui beberapa personil pada simpul-simpul jalan arah masuk malioboro.

Akan di terapkan system jalur satu pintu di malioboro yakni jalan margo utomo, kleringan, Abu bakar ali, memutar stadion kridosono – Abu bakar ali - kleringan – Gardu anim – lalu malioboro. Untuk kawasan wisata yang juga sering dijadikan opsi untuk merayakan malam tahun baruseperti di kaliurang, pihak yang berwajib melakukan rekayasa yaitu pintu masuk pertama kaliurang melalui jalan kaliurang dan di pecah yaitu melewati SMK Depok 1 ke utara jalan jangkung – tajem – babadan – ngemplak – umbulmartani – pakem – kaliurang. Selain itu untuk dari monument jogja kembali ke utara akan di arahkan sementara ke rejodani – pulowatu – ke kanan – pakem – dan kaliurang. Sementara yang dari jombor akan diarahkan melalui jalan magelang – benteng – jalan turi – ke kiri –pulowatu – pakem – dan kaliurang.

Lalu untuk jalan keluarnya dibagi menjadi beberapa pilihan yaitu pakem – jalan kaliurang – besi – ngaglik – kentungan. Lalu, pakem – jalan kaliurang – besi ke kiri SPBU mindi – babadan – jalan jangkang – tajem – SMK Depok – ring road utara.lalu pilihan selanjutnya ada pakem – ke kanan pulowatu – jalan monjali – rejodani – ring road utara – dan yang terakhir pakem – ke kanan pulowatu – turi – jalan turi – bateng – jalan magelang – jombor. Dan kawasan berikutnya yaitu di bantul yang kerap menjadi opsi selama pergantian tahun adalah parangtritis. Untuk itu pengalihan jalan menuju parangtritis akan di berlakukan satu arah yaitu melalui TPR induk. Dan untuk jalur sebaliknya dari parangtritis menuju Jogjakarta adalah melalui simpang tiga hotel gandung arah utara lewat TPR pantai Depok.

Jalan menuju gunung kidul yang berada di simpang empat wiyoro akan di berlakukan rekayasa buka tutup jalan atau arus baik dari gunungkidul maupun menuju ke gunungkidul. Rekayasa juga akan dilakukan di simpang empat sampakan dengan pengalihan arus bagi kendaraan yang dari gunungkidul menuju ring road selatan. Lalu untuk titik simpang tiga piyungan, rekayasa di lakukan dengan pengalihan arus kendaraan yang berasal dari gunungkidul menuju prambanan atau klaten.

Wah wah pastinya malam tahun baru ini akan di warnai dengan kebingungan karena hamper semua jalanan di jogja dialihkan. Tapi semoga dengan kita tahu mengenai ruas jalan mana saja yang akan menjadi pusat kemacetan dan tempat tempat manasaja yang paling banyak di jadikan opsi ketika merayakan tahun baru, kita akan lebih tahu, tempat mana yang sekiranya bagus dan tepat untuk merayakan pesta tahun baru dan juga pastinya kita sudah harus siap dengan resiko yang akan terjadi yaitu kemacetan yang tidak seperti biasanya. Untuk kamuyang memang sudah memiliki opsi untuk merayakan tahun baru, diharapkan dapat lebih berjaga jaga untuk melewati jalan yang sekiranya akan menjadi pusat kemacetan. Atau sebaiknya hindari tempat tempat yang akan menimbulkan kemacetan berkepanjangan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline