Lihat ke Halaman Asli

Kreatif! Siswa-siswi Kelas 4 SDN Pakel Yogyakarta, Terampil dalam berproyek IPAS Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 28 Oktober 2023   09:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Kurikulum Merdeka, dewasa ini sudah banyak beberapa sekolah yang menerapkan kurikulum ini, contohnya SDN Pakel Yogyakarta. Kurikulum ini dinilai lebih fleksibel dari Kurikulum sebelumnya. Guru dan siswa akan lebih "Kreatif" dalam proses pembelajaran disekolah. Tidak hanya belajar melalui buku atau menghafal saja dikelas, namun siswa dapat belajar dimana saja, dan menciptakan karya-karya melalui kegiatan proyek. 

 Kurikulum ini memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk memberikan pembelajaran yang beragam, contohnya saat saya mengajar di kelas 4 di SDN Pakel saya melakukan pembelajaran yang inovatif, berdiferensiasi, student center dan kreatif. Hal ini berdampak akan munculnya beragam model, metode dan media pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menarik perhatian siswa. 

Saat saya mengajar di kelas 4, saya menggunakan model pembelajaran PjBL di pembelajaran IPAS yangmana model tersebut dapat meningkatkan kreativitas peserta didik serta meningkat hasil belajar mereka. 

Mengenal Apa itu IPAS?

Melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2002 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sekolah (IPS) untuk Sekolah Dasar (SD) digabung dengan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan nama mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)

IPAS ini memiliki tujuan yaitu menumbuhkan rasa ingin tahu, mengenal interaksi, mengidentifikasi masalah, melatih sikap ilmiah, serta berperan aktif menjaga lingkungan. Semua hal tersebut dapat di dapatkan dengan memanfaatkan pembelajaran berbasis proyek atau biasa dikenal PjBL.

PJBL dinilai Ampuh dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa

Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang menerapkan kegiatan menghasilkan karya atau berproyek untuk media pembelajaran. Siswa mengeksplorasi, melakukan penilaian, sintesis, dan mengumpulkan informasi untuk menghasilkan banyak hasil belajarSiswa kelas 4 tersebut sangat antusias akan pembelajaran berproyek, mereka lebih memahami materi dengan cara melakukan langsung, pengamatan langsung dan semua itu didapatkan melalui model pembelajaran ini. 

Dok. pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline