Lihat ke Halaman Asli

Tragedi Fat Cat dalam Perspektif Menurut Pandangan Agama

Diperbarui: 16 Mei 2024   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

TRAGEDI FAT CAT, KISAH VIRAL DI JEMBATAN CHONGQING CHINA, BAGAIMANA PERSPEKTIF MENURUT AGAMA ISLAM

Belakangan ini, khasus fat cat ramai dibicarakan di media sosial seperti Tiktok dan Twiter. Kisah kematian fat cat membuat para netizen terharu atas pengorbanan yang dilakukannya untuk sang kekasih. Fat cat dikenal memalui aplikasi game china yaitu "Honor of Kings". Fat cat memiliki nama asli liu jie yang lahir di Hunan, Chongqing, China pada tahun 2003 yang saat ini berusia 21 tahun.

     Berita kematian Fat cat disebabkan putusnya hubungan dengan kekasih virtualnya, fat cat mengakhiri hidupnya dengan cara melompat jembatan Sungai Shibanpo Yangtze di Chongqing pada 11 April 2024. Selama hidupnya fat cat menghabiskan selama 15 jam waktunya untuk bekerja dan menabung untuk kekasinya yang Bernama Tan Zhu. Selisih usia Tan Zhu dan Fat cat terbilang jauh Dimana fat cat lebih muda 6 tahun dari sang kekasih Tan Zhu.

     Selama berpacaran dengan Tan Zhu, Fat cat telah memberikan penghasilannya kepada Tan Zhu sekitar Rp. 1 Miliar. Selama menjalani hubungan Fat cat menjalani hidup sangat hemat agar bisa mengirimkan semua uang yang ia miliki untuk sang kekasih, sampai pada saat Fat cat ingin merencanakan pernikahan dengan kekasihnya di bulan Mei ini, tapi takdir berkata lain kekasihnya mencari alas an terus menerus untuk bisa putus dengannya. Hal ini pun menjadi permasalahan yang membuat Fan cat stress, merasa dirugikan karna telah menghabiskan waktunya untuk sang kekasih.

     Sesaat setelah kejadian itu Fat cat pergi ke sebuah jembatan besar di kota Chongqing dan memutuskan untuk lompat dari jembatan, namun sebelum melakukan bunuh diri, fat cat memasang foto profil kucing yang sedang ingin memakan McDonald's disosial medianya. Yang bertuliskan ia tidak suka makan sayur, ia suka makan McDonald's. Karena selama beberapa tahun terakhir is hanya memakan sayur dan tidak memakan ayam dikarenakan uang yang didapatkan selama ini dikirimkan untuk sang kekasih.

     Kisah ini pun menjadi viral di media sosial. Yang akhirnya banyak orang membicarakan kisah ketulusan Fat Cat untuk sang kekasih dan apa pun yang berharap mendapatkan pasangan yang tulus seperti Fat cat. Sehingga sekarang banyak warga China yang berbondong-bondong datang untuk menaruh McDonald's disepanjang pinggir jembata tempat Fat cat mengakhiri hidup. Namun sekarang Tan Zhu (kekasih dari Fat cat) telah meminta maaf secara terbuka setelah mengetahui berita kematian Liu Jie.

 Bagaimana Persepektif pandangan Agama Islam?

     Dalam agama islam bunuh diri merupakan perbuatan melukai diri dengan maksud megakhiri kehidupan. Dalam agama islam hukum melakukan bunuh diri adalah haram karena telah tertulis dalam Al-Quran yang menyatakan bahwa Allah Swt adalah tuhan yang menganugerahkan hidup dan menentukan mati. 

     Seperti yang Allah tuliskan di dalam Al-Quran (QS. An-Nahl:70) Artinya: "Allah menciptakan kamu, kemudian mewafatkan kamu, dan di antara kamu ada yang dapat dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun) teringat dia tidak melihat lagi sesuatupun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa."

     Adapun hadis yang membicarakan tentang larang bunuh diri yaitu:

"Darli Abu Huralrah Radhlyallahu' anhu darl Rasululah Saw, Dia bersabda "Barang siapa menjatuhkan dirinya dari suatu gunung, setelah itu menewaskan dirinya, hingga ia didalam neraka jahannam menjatuhkan dirinya dari suatu gunung, ia tinggal lama serta dijadikan tinggal lama selamanya didalam neraka jahannam selamalamanya. Serta barang siapa meminum toksin setelah ltu menewaskan dirinya, hingga racunnya hendak terletak ditangannya, ia hendak meminumnya didalam neraka jahannam ia tinggal lama serta dijadikan tiggal lama selamanya didalam neraka jahannam selamalamanya. Serta barang siapa menewaskan dirinya dengan besi, hingga besinya hendak terletak ditangannya, ia hendak menikam perutnya didalam neraka jahannam, la tinggal lama serta dijadikan tingganl lama- selamanya didalam neraka jahannam selama- lamanya." (H.R Bukhori)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline