Lihat ke Halaman Asli

Filsafat Pendidikan Realisme dan Tokoh Aliran Realisme

Diperbarui: 15 Juni 2021   09:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

John Locke. | Kompas

Filsafat pendidikan realisme merupakan aliran dalam ilmu pengetahuan yang mempersoalkan objek pengetahuan manusia. Aliran ini memandang bahawa objek pengetahuan manusia berada diluar diri manusia. Realisme sanagat bertolak belakang dengan idealisme karena realisme memandang suatu bukti yang riil secara nyata sedangkan idealisme hanya dalam akal pikiran manusia. 

Baca juga: Filsafat Timur dan Barat, Antara Moral dan Rasionalitas 

Jadi filsafat realisme dibagi 2 yaitu Relisme Klasik/ Rasional dan Relisme Alam/ Religius
Jadi antara keduanya saling dikaitkan dalam dunia pendidikan sehingga akan menjadikan keberhasilan dalam pembelajaran.
Contohnya : menanamkan pengertian lebih penting daripada menghafal, pelajaran di di sesuaikan dengan perkembangan  anak ,memberi pelajaran dengan mendahulukan yang mudah dahulu.

Baca juga: Filsafat Kant 

Tokoh aliran realisme:

1. Aristoteles lahir di stageira pada tahun 384 SM meninggal di  kalkis pada tahun 322 SM   pada usia 63 tahun. Objek bertepatan dengan logika atau akal.

2. Johan Amos comenius menyatakan bahwa pendidikan harus universal.

3. William MC gucken 

Tokoh ini menyatakan bahwa tidak ada  tujuan hidup maka tidak ada pula tujuan pendidikan.

Baca juga: Menjadi Manusia Tangguh dengan Filsafat Teras 

4.  Franas bacon

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline