Lihat ke Halaman Asli

Intan Farnisya

Mahasiswa PGPAUD

Stimulasi Perkembangan Bahasa melalui Lagu/Tembang Dolanan Jawa pada Anak Usia 5-6 tahun

Diperbarui: 17 November 2022   08:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dipandang sebagai hal yang sangat fundamental, karena perkembangan anak di masa yang akan datang sangat ditentukan oleh faktor stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. 

Kehidupan awal seorang anak usia dini adalah masa yang paling tepat dalam menstimulasi dan mengedukasi agar anak dapat berkembang secara optimal. 

PAUD menyediakan berbagai kegiatan yang dapat menstimulasi berbagai aspek perkembangan seperti kognitif, bahasa, sosial emosional, fisik-motorik, dan seni.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari seorang anak perlu berkomunikasi dan berinteraksi untuk mengungkapkan perasaan, ide, dan pikiran. 

Menurut (Hurlock, 1978) Faktor perkembangan yang memegang peranan penting dalam kehidupan anak adalah bahasa. Bahasa merupakan salah satu parameter dalam kegiatan perkembangan anak yang melibatkan aspek perkembangan kognitif, sensorimotor, psikologis, emosi, dan lingkungan. 

Kemampuan bahasa dibedakan menjadi 2, yakni reseptif (mendengar dan memahami) dan ekspresif (berbicara). Kemampuan anak dalam berbahasa erat kaitannya dengan berbicara.

Kemampuan berbahasa pada anak dipengaruhi oleh 2 faktor, yakni faktor internal yang berasal dari anak dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan tempat anak tinggal. 

Faktor internal ini dapat dikatakan sebagai kondisi bawaan sejak anak lahir (fisiologi) dari organ yang terlibat dalam kemampuan bahasa seperti mulut. 

Sementara itu, faktor eksternal yakni berupa stimulus yang berada pada sekeliling anak. Maka, pentingnya faktor eksternal ini menstimulasi perkembangan bahasa pada anak, karena anak nantinya akan berinteraksi dan bersosialisasi di lingkungan tempat ia tinggal. 

Piaget mengemukakan bahwa perkembangan bahasa adalah hasil hubungan yang erat antara anak dan lingkungannya ditambah dengan interaksi komplementer antara perkembangan kapasitas kognitif dan pengalaman bahasa anak. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline