Lihat ke Halaman Asli

Intan dwiyatni

Pelajar mahasiswa

Teori lev vygotsky dan jean viaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

Diperbarui: 18 Januari 2025   17:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori vygotsky dan jean viaget 

Teori perkembangan kognitif Lev Vygotsky dan Jean Piaget merupakan teori konstruktivisme yang menekankan pentingnya peran interaksi sosial dalam perkembangan kognitif anak. 

Berikut adalah beberapa poin penting dari teori perkembangan kognitif Lev Vygotsky dan Jean Piaget:

Teori Piaget

Piaget berpendapat bahwa anak belajar secara mandiri dengan melihat orang-orang di sekitarnya. 

Piaget juga berpendapat bahwa anak mengalami urutan perkembangan kognitif yang pasti. 

Piaget berpendapat bahwa kecerdasan anak berubah seiring dengan pertumbuhannya. 

Teori Vygotsky

Vygotsky berpendapat bahwa perkembangan kognitif anak merupakan hasil dari interaksinya dengan lingkungan dan masyarakat. 

Vygotsky berpendapat bahwa anak mengembangkan konsep-konsep lebih sistematis, logis, dan rasional melalui percakapan dengan orang lain. 

Vygotsky berpendapat bahwa perkembangan kognitif anak ditentukan oleh faktor individu dan lingkungan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline