Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Penyusunan Soal-soal Argumentatif untuk Melatih Berpikir HOTS Guru Sekolah Indonesia Davao

Diperbarui: 17 Agustus 2023   07:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : pribadi

Sekolah Indonesia Davao (SID) merupakan Embassy School bernaung di bawah Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Davao City, Filipina. SID diperuntukkan bagi anak-anak Indonesia yang orang tuanya menetap di sana sebagai tenaga kerja Indonesia di berbagai sektor. Warga Negara Indonesia yang menetap di Kepulauan Mindanao telah menetap sampai beberapa keturunan di wilayah Filipina. Dengan menyebarnya wakga Indonesia di wilayah Filipina tersebut, pihak SID juga memfasilitasi para siswa untuk tinggal di asrama.

Kondisi sekolah dan siswa seperti diuraikan tersebut sangat memungkinkan penyelenggaraan Pendidikan berkualitas berdaya saing global dengan menanamkan nilai-nilai Visioner, Agility, Reselience, Innovative, dan memiliki kepribadian yang dapat diteladani serta memiliki keseimbangan kecerdasan intelektual, emosional, physical, sosial, dan spritual.

Kompetensi guru untuk memfasilitasi siswa terampil berpikir tingkat tinggi (HOTS) dapat ditingkatkan melalui forum ilmiah, salah satunya adalah pelatihan dan workshop. Kegiatan tersebut menjadi salah satu alternatif bagi guru untuk menyegarkan kembali pemahaman dan keterampilan pedagoginya serta membangun semangat melalui berbagai modeling dan informasi untuk membangkitkan motivasi.

Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dapat dilatihkan melalui konsep-konsep dalam pembelajaran sains umumnya, dan biologi khususnya. Pembelajaran sains/biologi pada hakekatnya mengaktifkan peserta didik baik secara fisik maupun secara mental dalam pembelajaran, mengaitkan bahan pelajaran dengan penerapannya di dalam kehidupan sehari-hari, memadukan antara science-technology-society serta melatihkan keterampilan proses yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengomunikasikan. Penguasaan konsep oleh siswa diharapkan mampu menghasilkan ketuntasan sesuai kompetensi pembelajaran.

Oleh karena itu, Prodi S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Pelatihan penyusunan Soal-soal Argumentatif untuk Melatih Berpikir HOTS pada Guru Sekolah Indonesia Davao Filipina. Kegiatan pelatihan diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting. Bertindak sebagai narasumber dan pendamping adalah tim PkM, yaitu Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati., Prof. Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes., Dr. Widowati Budijastuti, M.Si., Dr. Isnawati, M.Si., Reni Ambarwati, S.Si., M.Sc., dan Dr. Pramitha Yakub M.Pd. Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru SID, mencakup semua mata pelajaran, tidak hanya  mata pelajaran Biologi. Para peserta pelatihan memberikan respons positif terhadap kegiatan pelatihan. Mereka juga berharap pelatihan serupa dapat diselenggarakan lagi dan bila memungkinkan secara luring.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline