Lihat ke Halaman Asli

Intan Siti Noer Rita Daswan

Writer and Life Style Blogger

Layangan Putus dan Nussa, Pelajaran Apa yang Bisa Kita Dapatkan?

Diperbarui: 2 Januari 2022   22:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

screenshoot pribadi

Layangan Putus dan Nussa, dua film yang sedang ramai diperbincangkan. Film Nussa yang membidik keluarga dan juga anak-anak. Dengan tema yang sederhana tapi sangat menyentil telinga kita sebagai orang tua.

Jujur, sejak kemunculannya di kanal youtube, saya pribadi bertanya-tanya, kemana sosok ayahnya? Mengapa tidak dimunculkan agar kesan dan juga pesan keluarga utuh itu sebuah keharusan? Jangan sampai terkesan tokoh Nussa ini menjadi sosok fatherless, itulah yang awalnya terlintas.

Namun, semuanya terjawab dalam film Nussa. Dan, sebagai penonton, saya baru paham ada pesan yang sangat cerdas yang ingin disampaikan. Bahkan tidak aneh, ketika banyak orang tua yang meneteskan air mata di beberapa menit terakhir. Merasa tersentil, mungkin itulah yang terjadi.

Two thumbs up buat orang-orang luar biasa yang telah menghadirkan film Nussa. Film yang bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga. Sarat makna, banyak pembelajaran yang didapatkan tapi tanpa meninggalkan unsur entertainnya juga.

Lalu, bagaimana dengan Layangan Putus?

Saya mengetahui kisah Layangan Putus sebelum diangkat menjadi film (Serial). Hmmm... Agak ngeri juga membacanya. Maklum sebagai orang yang memiliki karakter melankolis phlegmatis, sisi overthinking saya mulai bekerja. Bahkan saat itu, saya langsung mengajak suami untuk berdiskusi hal ini. Sempat terlontar, pasti ini kisah bakalan "menjual" kalau diangkat menjadi film. Ternyata benar juga dugaan saya itu.

Ya, saat ini, siapa sih yang tahu Layangan Putus? Meski jujur saja, saya belum menonton secara utuh. Alasannya, pertama karena saya sudah pernah membaca kisahnya. Kedua, saya takut imajinasi dan ke-overthinking-an saya terlalu liar dan tidak dapat direm.

Sebenarnya memang film dengan tema perselingkuhan itu seperti dua mata pisau. Ia bisa dijadikan pelajaran, agar orang lain tidak terjerumus ke lobang yang sama. Namun, bisa jadi malah menginspirasi atau menjadikan kita berpikiran negative terhadap pasangan.

Kembali lagi, semuanya tergantung dari sisi mana kita melihat. Namun, kalau boleh berpendapat, ada ketakutan dengan beredarnya film seperti ini dan bisa diakses (dilihat) dengan mudah oleh siapapun, ada beberapa adegan yang kurang pantas disaksikan oleh anak-anak.

Di luar itu semua, terbersit pertanyaan dalam hati saya pribadi, pelajaran apa yang bisa kita ambil dari dua film ini? Pastinya, kita tidak ingin hanya sekadar menonton tanpa mendapatkan nilai-nilai positif yang bisa dijadikan pembelajaran buat diri kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline