Lihat ke Halaman Asli

Kurikulum Dalam Sistem Pendidikan Nasional

Diperbarui: 29 Desember 2024   02:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kurikulum merupakan jantung dari suatu sistem pendidikan. Ia bertindak sebagai peta jalan yang menuntun proses pembelajaran, mulai dari penentuan tujuan pendidikan hingga evaluasi hasil belajar

Definisi Kurikulum

Secara sederhana, kurikulum adalah rencana pendidikan yang berisi sekumpulan tujuan, isi, dan pengalaman belajar yang terorganisasi. Ia menjadi pedoman bagi pendidik, peserta didik, dan seluruh pemangku kepentingan dalam proses pembelajaran.

Peran Utama Kurikulum

Pedoman Pembelajaran:

  • Tujuan Pembelajaran: Menentukan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik.
  • Materi Pelajaran: Menentukan materi apa saja yang akan diajarkan.
  • Metode Pembelajaran: Menentukan cara penyampaian materi yang efektif.
  • Evaluasi Pembelajaran: Menentukan cara mengukur pencapaian tujuan pembelajaran.

Refleksi Nilai dan Tujuan Pendidikan:

  • Nilai-nilai Nasional: Kurikulum mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa, seperti Pancasila.
  • Tujuan Pendidikan Nasional: Kurikulum diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, serta bertanggung jawab.

Adaptasi Terhadap Perkembangan:

  • Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Kurikulum terus diperbarui untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
  • Perubahan Kebutuhan Masyarakat: Kurikulum dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dinamis.

Dukungan Beragam Gaya Pembelajaran:

  • Pembelajaran Individual: Kurikulum mengakomodasi perbedaan gaya belajar setiap siswa.
  • Pembelajaran Kooperatif: Kurikulum mendorong siswa untuk belajar bersama dalam kelompok.

Menyesuaikan dengan Tuntutan Dunia Kerja:

  • Keterampilan Abad 21: Kurikulum membekali siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, seperti berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas.

Evaluasi dan Peningkatan:

  • Evaluasi Kurikulum: Kurikulum secara berkala dievaluasi untuk melihat sejauh mana tujuan telah tercapai.
  • Pengembangan Kurikulum: Hasil evaluasi digunakan untuk memperbaiki dan mengembangkan kurikulum.

Tantangan dalam Implementasi Kurikulum

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline