Lihat ke Halaman Asli

Strategi Pengelolaan Keuangan Bisnis yang Dilakukan UMKM Lestari Catering di Era New Normal Covid-19

Diperbarui: 16 April 2023   22:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Strategi Pengelolaan Keuangan Bisnis yang Dilakukan UMKM Lestari Catering di Era New Normal Covid-19

Pandemi Covid-19 yang nyaris meruntuhkan perekonomian warga akibat adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dampak paling besar dirasakan pengusaha mikro, seperti halnya pengusaha makanan atau catering, akibat adanya pelarangan berkumpul massa dengan jumlah banyak, seperti pada hajatan pernikahan, ulang tahun dan lain-lain.

Namun kondisi saat ini susah memasuki adaptasi kebiasaan baru, atau New Normal, kini bisnis catering mulai berkembang kembali. Seperti diakui pemilik Lestari Catering yaitu Sri Astuti, kini mulai banyak pesanan lagi, walaupun belum sepenuhnya normal. Pada awal mewabahnya Covid-19 usahanya anjlok dengan penurunan omset usaha mencapai 90 persen. Melihat kondisi yang saat ini sudah memasuki Era new normal, pada akhirnya Lestari Catering dituntut untuk memiliki strategi bisnis di masa new normal. Dalam hal ini, strategi bisnis yang dilakukan oleh Lestari Catering saat periode new normal untuk meningkatkan omset dan protif antara lain, melakukan pembukuan keuangan, mengontrol pengeluaran, pemilihan supplier, penentuan nominal target omset dan protif, mengaktifkan layanan pesan antar online dan memberikan pelayanan terbaik tanpa mengorbankan kualitas produk.

Melakukan Pembukuan Keuangan

Dalam hal pembukuan keuangan, Lestari Catering melakukan pembukuan usaha catering dari pengeluaran dan pendapatan. Untuk pembukuan tahap pertama dimulai dari pengeluaran. Biasanya, membutuhkan bahan pokok. Bisa berupa sales, toko, atau pasar, selama ada nota masuk maka pencatatan harus dimulai. Karena, perhitungannya adalah tanggal. Komponen selanjutnya adalah pendapatan, ditulis berdasarkan total penjualan secara murni. Perhitungannya biasanya dilakukan bias harian atau bulanan. Cara perhitungannya yaitu dua komponan ini dikurangi hingga menemukan hasilnya. Angka tersebut akan menunjukkan kerugian atau keuntungan yan didapatkan selama satu bulan.

Mengontrol Pengeluaran

Hal lain yang dilakukan oleh Lestari Catering untuk menaikkan omset dan mencapai profit terbaik adalah memperhatikan masalah pengeluaran. Dalam hal ini, manajemen keuangan akan sangat berperan penting. Akan tetapi penekanan pengeluaran ini juga jangan sampai mempengaruhi kualitas. Misalnya, hanya demi mengurangi pengeluaran, maka jangan sampai berubah bahan baku.

Pemilihan Supplier

Untuk mencapai target omset dan juga profit hal yang tidak kalah penting adalah masalah supplier. Dalam hal ini, hal penting yang dipikirkan adalah masalah kualitas dan harga. Dalam masalah ini Lestari Catering sendiri juga sudah mencoba survey beberapa supplier sampai mendapatkan yang pas. Pemilihan supplier yang tepat ini sendiri sebagai salah satu cara Lestari Catering untuk mengantisipasi harga dari beberapa bahan baku yang mungkin akan naik turun. Harga yang tidak pasti, tentu saja akan merepotkan untuk perencanaan keuangan.

 

Mengaktifkan Layanan Pesan Antar Online

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline