Lihat ke Halaman Asli

Faktor Penyebab Korupsi

Diperbarui: 23 September 2016   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

NAMA : INTAN IZZA AFKARINA

KELAS : PS2

NIM : E20161051

Faktor-faktor penyebab terjadinya korupsi

  1. Faktor Politik

Faktor Politik merupakan penyebab terjadinya korupsi . Hal ini dapat di lihat ketika terjadinya intabilitas politik , kepentingan politis para pemegang kekuasaan bahkan ketika meraih dan mempertahankan kekuasaan. Faktor politik di bagi menjadi dua yaitu stabilitas politik dan politik keturunan.

  1. Faktor Ekonomi

Faktor Ekonomi ini merupakan salah satu penyebab terjadinya korupsi . Hal ini dapat di jelaskan dari pendapatan atau gaji yang tidak mencukupi kebutuhan , dan juga adanya kesempatan karena kekuasaan uantuk melakukan korupsi.

  1. Faktor Organisasi

Faktor Organisasi merupakan penyebab terjadinya korupsi di antaranya kurang adanya teladan dari pimpinan , tidak adanya kultur organisasi yang benar, sistem organisasi yang kurang memadai, managemencenderung menutupi korupsi di dalam organisasi.

  1. Faktor Hukum

Faktor Hukum dapat di lihat dari dua sisi, di satu sisi dari aspek perundang undangan dan di sisi lain lemahnya penegakkan hukum. Faktor hukum di bagi menjadi dua yaitu kepastian atau ketimpangan dan produk atau aturannya.

Keempat faktor diatas itu merupakan faktor eksternal,sedangkan faktor internalnya adalah tidak puas,moral,mudah tergoda,gaya hidup yang berfoya-foya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline