Lihat ke Halaman Asli

KKNT 3M UTM 2023 DESA BUNDER

Mahasiswa/Universitas Trunojoyo Madura

Tim Pengabdian Masyarakat UTM 2023: Sukses Pelatihan BUDIKDAMBER di Balai Desa Bunder

Diperbarui: 8 November 2023   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : Staff Perpus Balai Desa Bunder

Tim  MBKM KKN-T UNIVERSIITAS TRUNOJOYO MADURA di Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, mengadakan pelatihan BUDIKDAMBER Selasa (16/10/2023). Pelatihan tersebut berlokasi di Balai Desa Bunder.

Pelatihan dengan judul "Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember (BUDIKDAMBER) yang diselenggarakan di Balai Desa Bunder yang mengusung tema "Peningkatan Kesejahteraan Melalui Budidaya Ikan Lele  Pada Era 5.0"

Kegiatan ini diselenggarakan  oleh Tim KKN-T UTM  yang bekerja sama dengan perangkat desa yang ada di Balai Bunder. Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember atau yang biasa di singkat BUDIKDAMBER ini merupakan program kerja utama Dosen Pembimbing Lapangan yang dijalankan dengan bantuan mahasiswa MBKM KKN-T UTM. Dalam pelatihan ini dihadiri juga oleh Dosen Pembimbing lapangan MBKM KKN-T yaitu ibu Aditya Dyah Puspitasari, S. Pd., M. Pd, Ibu Ade Cyntia Pritasari, S. Pd., M. Pd serta Ibu Ika Dian Rahmawati, S. Pd., M. Pd.

Peserta dalam Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember (BUDIKDAMBER) diikuti oleh warga Desa Bunder sebanyak kurang lebih 20 peserta. Ibu Hj Iswanyanti mengatakan "saya sangat berterimakasih atas diadakannya pelatihan untuk budidaya ini karena bisa menambah ilmu dan juga pengalaman untuk saya pribadi dan juga warga di desa Bunder" ujar beliau saat acara pelatihan BUDIKDAMBER berlangsung.

budik3-654b4648ee794a689e013e82.jpg

Pada pelatihan budidaya ikan dalam ember yang diadakan di Balai Desa Bunder terdapat pemateri yang menyampaikan materi mengenai BUDIKDAMBER. Pemateri yang mengisi dalam pelatihan  merupakan salah satu mahasiswa MBKM KKN-T UTM 2023 yaitu saudara Muhyidin.

Muhyidin selaku pemateri mengatakan bahwa banyak manfaat yang didapatkan dari BUDIKDAMBER ini terutama dalam hal peningkatan ekonomi. "bapak ibu  sekalian pada BUDIKDAMBER ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil, misalnya sekali kita melakukan budidaya saat melakukan panen kita bisa mendapatkan atau bisa panen  dua objek sekaligus yaitu ikan dan juga sayuran yang kita tanam".  Ujar Muhyidin.

Saat pelatihan BUDIKDAMBER terlihat banyak peserta yang antusias mengikutinya. Hal tersebut bisa dilihat pada saat sesi diskusi atau tanya jawab dibuka banyak peserta yang bertanya mengenai BUDIKDAMBER tersebut sehingga acara pelatihan tersebut terlihat aktif dan tidak membosankan.

dok pribadi

Di penghujung acara pelatihan terdapat sesi penyerahan ember secara simbolis  dari Ibu Aditya Dyah Puspitasari S.Pd,. M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan kepada Ibu Hj. Iswanyanti selaku kepala Desa Bunder. Ember untuk peserta pelatihan lainnya diberikan pada saat acara pelatihan selesai atau ditutup.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline