Lihat ke Halaman Asli

Hidup Sehat dengan Teknologi

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Neurobion, inspirasisehat.com - Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak hal yang bisa dilakukan secara instan. Mulai dari kecantikan, hingga urusan membentuk tubuh pun bisa “diakali” dengan kemajuan teknologi. Dengan alasan kesibukan, tak heran jika olahraga kadang menjadi prioritas kesekian. Padahal, banyak orang yang tahu persis, bahwa olahraga banyak manfaatnya. Karena itu, seiring dengan kemajuan, banyak teknologi yang kemudian diarahkan untuk “mempermudah” olahraga. Mulai dengan kemasan alat olahraga yang mudah dibawa ke mana-mana, hingga berbagai peralatan elektronik, yang konon dirancang sebagai alat bantu olahraga yang menyenangkan. Apa saja teknologi tersebut? Berikut beberapa di antaranya…

  • Wii Fit. Alat ini sebenarnya adalah permainan keluaran Nintendo, perusahaan game yang mencoba menghadirkan nuansa olahraga dengan alat game yang dibuatnya. Permainannya pun bermacam-macam, mulai dari tennis, golf, hingga bertinju. Menurut Cedric X. Bryant, PhD, FACSM, ahli kebugaran dari American Council on Exercise (ACE), olahraga “virtual” ala Wii Fit ini memang bisa membakar kalori, meski tak bisa menggantikan sepenuhnya pembakaran kalori layaknya olahraga asli. Penelitian yang dilakukan ACE menyebut misalnya untuk bermain golf di Wii Fit membakar 3,5 kalori, dibandingkan dengan golf asli yang membakar hingga 7-8 kalori. Sementara untuk tenis, kalori yang dibakar adalah 5, sedangkan tenis asli membakar sekitar 8 kalori. Untuk itu, Bryant mengatakan, bermain Wii Fit memang bisa menjadi pengganti sementara olahraga, namun tidak bisa mutlak.
  • Phillips Activa Fitness MP3 Player. Alat ini sebenarnya lebih berfungsi sebagai “instruktur” fitness pribadi yang memotivasi orang untuk melakukan olahraga ringan setiap saat demi kebugaran tubuh. Selain dilengkapi dengan catatan aktivitas, dengan alat ini Anda bisa mendengarkan musik yang bisa membuat olahraga makin menyenangkan. Menurut Petra Kolber, ahli kebugaran dari IDEA Health and Fitness Association Amerika, musik bisa membuat Anda berolahraga lebih keras dan giat tanpa disadari sehingga kalori yang terbakar pun bisa lebih banyak.
  • SportBrain Pedometer. Seperti pedometer lainnya, sebenarnya alat ini lebih berfungsi untuk mengetahui berapa langkah yang sudah Anda tempuh untuk menjaga kesehatan Anda. Anjuran para ahli adalah 10 ribu langkah untuk menjaga kesehatan. Namun, agar “menjamin” Anda termotivasi untuk memenuhi “kuota” 10 ribu langkah per hari, alat ini terhubung dengan komputer untuk memperingatkan Anda agar terus melangkah demi kebugaranTodd Schlifstein, ahli olahraga dari New York University Medical Center mengingatkan, alat semacam ini sangat membantu Anda untuk tetap berolahraga, tapi yang paling penting adalah kembali pada diri Anda untuk menepatinya atau tidak.

Follow www.inspirasisehat.com on Twitter




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline