Lihat ke Halaman Asli

Ini Zamannya Suplemen

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Bion3, inspirasisehat.com - Saat ini, dengan berbagai perkembangan teknologi, banyak hal yang bersifat instan. Termasuk salah satunya untuk persoalan menjaga kesehatan. Sudah jadi rahasia umum, banyak orang yang mulai mengandalkan berbagai jenis suplemen untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan fit dalam berbagai kondisi. Tak salah memang. Sebab, dengan sekali konsumsi, memang ada banyak asupan vitamin dan mineral yang bisa diserap dari suplemen tersebut. Namun, untuk mendapatkan manfaat maksimal, The US Food and Drug Administration (FDA) mengingatkan bahwa suplemen yang baik harus diperhatikan dari komposisi, kandungan isi, hingga siapa pembuatnya. Selain itu, agar memberikan dampak maksimal, menurut David Grotto, RD, ahli kesehatan dari American Dietetic Association (ADA) menganjurkan agar setiap orang yang mengonsumsi suplemen juga tetap mengutamakan pola makan sehat. Sebab, makanan dengan komposisi gizi yang seimbang akan memberikan berbagai asupan yang diperlukan tubuh, mulai dari vitaminmineral, serat, nutrisi, hingga berbagai zat penting lainnya. Namun, lebih jauh menurut Grotto--yang mewakili ADA--suplemen memang sangat diperlukan, terutama bagi mereka yang berada dalam kondisi berikut ini:

  • Orang yang sedang melakukan diet rendah kalori. Sebab, diet yang dilakukan—apalagi sampai mengurangi banyak asupan penting—perlu didukung dengan suplemen yang tepat.
  • Orang yang mengalami sakit parah, dalam masa perawatan, atau mereka yang baru dioperasi.
  • Orang yang tidak bisa sembarangan memakan berbagai jenis masakan karena kondisi tertentu seperti alergi. Misalnya, orang yang alergi susu, ia bisa mencari suplemen yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D.
  • Perempuan hamil dan ibu menyusui menurut Grotto sangat memerlukan asupan tambahan untuk memberikan gizi terbaik bagi buah hatinya.
  • Orang-orang yang sudah berusia lanjut menurut ADA juga memerlukan tambahan suplemen agar mereka bisa menjaga kondisi karena tingkat serapan nutrisi dari makanan yang dimakan langsung cenderung berkurang.

Follow www.inspirasisehat.com on Twitter




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline