Lihat ke Halaman Asli

Inspirasiana

TERVERIFIKASI

Kompasianer Peduli Edukasi.

3 Tanda Alam Akan Datangnya Hujan, Mulai dari Burung Layang-layang sampai Antena Siput

Diperbarui: 24 Maret 2022   09:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

3 Tanda Alam Akan Datangnya Hujan, Mulai dari Burung Layang-layang sampai Antena Siput (Foto dari Nick Scheerbart on Unsplash)

Seri Pengetahuan Populer Inspirasiana-2

Kita sudah sangat terbiasa mendengar ungkapan "sedia payung sebelum hujan". Maksudnya kita perlu melakukan persiapan untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk.

Dalam makna sebenarnya, nyatanya kita memang sering juga lupa menyediakan payung padahal sudah tahu musim hujan. Basah deh.

Kalau sudah tahu musim hujan seharusnya nggak susah lagi mengingat untuk selalu membawa payung bila ke luar rumah. Repotnya, bila hari cerah sejak pagi, nggak ada angin, nggak ada petir, selepas siang, byurrrr, hujan tetiba mengguyur.

Nah, seri pengetahuan populer Inspirasiana kali ini kita akan mencoba membaca tanda-tanda dari alam dan sekitar kita yang mengindikasikan bahwa hari akan segera hujan.

Mari kita bahas tiga tanda alam akan datangnya hujan!

1. Burung layang-layang terbang rendah

Burung layang-layang terbang rendah pertanda hujan- Walter Brunner on Unsplash

Bila burung layang-layang terbang rendah di langit sekitar tempat tinggalmu, itu adalah pertanda akan segera turun hujan.

Tak peduli seberapa cerah hari saat itu. Kamu lebih baik membawa payung, mantel hujan, dsb sebagai antisipasi bila kamu ke luar rumah. Sebaliknya, bila burung layang-layang terbang tinggi, kemungkinan hari tak akan hujan. Sekalipun mendung menggelayut di atas langit.

2. Permukaan cobek atau ulekan basah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline