Lihat ke Halaman Asli

Inspirasiana

TERVERIFIKASI

Kompasianer Peduli Edukasi.

Inilah Sepuluh Kata Unik dalam Pemutakhiran KBBI Akhir 2020

Diperbarui: 6 Desember 2020   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Manortor, usai resmi menyandang nama Kahiyang Ayu Siregar(KOMPAS.com / Mei Leandha)

Bahasa Indonesia terus berkembang. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi V terus dimutakhirkan dengan kosakata baru. Dilansir dari laman resmi KBBI, pemutakhiran KBBI periode Oktober 2020 memuat penambahan informasi etimologis pada entri yang lemanya merupakan bentuk serapan dari bahasa Sanskerta. 

Ini adalah penambahan etimologis kedua setelah informasi etimologis dari bahasa Arab yang telah ditambahkan pada pemutakhiran KBBI periode Oktober 2019. Selain itu, ditambahkan pula entri baru.

Sejumlah entri baru mencakup aneka istilah yang berkaitan dengan wabah Covid-19, istilah kuliner, nama negara, singkatan, dan kata tidak baku yang sering digunakan disertai rujuk silangnya pada bentuk yang baku. 

Pemutakhiran KBBI Daring Oktober 2020 meliputi antara lain penambahan 931 informasi etimologis, 1.097 entri baru, dan 1.113 makna baru. 

Di antara sekian banyak kosakata baru yang dimuat dalam pemutakhiran KBBI Oktober 2020, inilah sepuluh kata unik yang tersua. Ada kata-kata unik yang terkait dunia psikologi, kuliner, hingga tarian khas daerah. Menarik dan wajib kita ketahui!

1. Abikara

Abikara diambil dari sastra klasik Jawa. Abikara adalah orang yang terhormat dan disegani di  masyarakat. Contoh penggunaan dalam kalimat: semua orang mendengarkan pendapatnya karena dia seorang abikara.

Bisa jadi, kakek dan nenek kita dianggap sebagai abikara di kampung. Wah, bangga sekali jadi cucu seorang abikara.

2. Bibimbap

Bibimbap -Sumber: Sous Chef via flickr.com/photos/140536182@N03/40636664921/Wikipedia Commons

Istilah "bibim" berarti mencampurkan berbagai bahan, sedangkan kata "bap" mengacu pada nasi. Bibimbap adalah makanan khas Korea berupa nasi, daging, sayuran, dan sebagainya serta bumbu yang dimakan dengan mencampurkan semua bahan tersebut, dapat dilengkapi telur mentah atau matang.

Ketika diucapkan, kata ini terdengar unik. Hmm, ada yang pandai memasak bibimbap?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline