Lihat ke Halaman Asli

Fenomena Perkembangan Bahasa Indonesia saat Ini, Sudah Baik atau Belum?

Diperbarui: 27 Juni 2024   19:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Membahas tentang fenomena perkembangan bahasa Indonesia saat ini, bisa dilihat kurang baik. Kenapa? Karena kehidupan saat ini sudah banyak sekali yang mempengaruhi bahasa, apalagi di zaman sekarang ini teknologi sangat amat canggih, banyak bahasa-bahasa asing yang masuk dan tentu disalah gunakan oleh generasi muda sekarang.

Pada fenomena perkembangan bahasa Indonesia saat ini, terutama orang tua dan lembaga pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam melestarikan bahasa Indonesia.

Contoh kecil yang bisa dilakukan oleh orang tua kepada anaknya, saat dirumah harus menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, karena hal tersebut nanti bisa muncul sebagai suatu kebiasaan ketika anak tersebut keluar rumah, begitu juga lembaga pendidikan berperan penting dalam hal ini, membiasakan anak murid berbicara dengan sopan santun serta baku.

Dalam perkembangan seharusnya, bahasa Indonesia harus tetap berkembang lebih baik,  walaupun banyak bahasa asing yang masuk dan juga bahasa pergaulan yang saat ini menyebarluas. Sebagai warga negara Indonesia  juga kita seharusnya memiliki rasa malu ketika kita tidak menggunakan bahasa Indonesia yang tidak baik dan benar.

Fenomena perkembangan bahasa Indonesia sangat banyak macamnya, terutama penggunaan bahasa Indonesia yang digunakan oleh anak muda/Gen Z saat ini. 

Karena menurut pandangan saya, banyak sekali saat ini bahasa-bahasa gaul yang menyebarluas, sehingga menimbulkan kata-kata yang ambigu bagi para anak muda atau Gen z.

Fakta yang ada saat ini banyak anak muda menggunakan bahasa dengan kata "NGACENG" 

hal tersebutlah yang membuat pembaca menjadi ambigu, mengapa? Karena menurut Wikipedia dan menurut bahasa jawa ngaceng itu adalah suatu ereksi pada kemaluan laki-laki. Sedangkan, menurut bahasa gaul artinya adalah "Ngakak kenceng" 

Dari hal tersebut sudah kita ketahui juga, bahwa fenomena perkembangan bahasa Indonesia belum cukup baik, karena masih banyak juga gen Z yang belum menggunakan bahasa Indonesia dengan benar.

Dalam era globalisasi, bahasa Indonesia itu harus tetap dipertahankan karena bahasa itulah yang menjadi identitas bangsa kita sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline