Lihat ke Halaman Asli

INS Saputra

Profesional IT, praktisi, pengamat.

Kecelakaan Pesawat: Identifikasi dan Mitigasi Risiko

Diperbarui: 3 Februari 2021   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi kecelakaan pesawat (Shutterstock/Happy May) (Sumber: kompas.com)

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di kepulauan Seribu hampir satu bulan yang lalu telah memunculkan berbagai spekulasi, asumsi, dan dugaan penyebab kecelakaan pesawat ini mulai dari faktor cuaca, kegagalan mesin hingga disorientasi pilot. Sebelum KNKT merilis secara resmi hasil investigasinya 8-9 Februari nanti, tentu tak ada satu pun analisis penyebab jatuhnya pesawat yang dapat dipercaya kesahihannya.

Namun demikian penulis akan menjelaskan secara global seluruh kemungkinan penyebab jatuhnya pesawat. Jika sebelumnya ada yang menyatakan bahwa pesawat jatuh disebabkan 7 faktor yakni angin, cuaca ekstrem, perangkat lunak, bahasa, human error, kendala teknis, dan aksi kejahatan, maka penulis hanya menyebutkan 5 faktor penyebab jatuhnya pesawat beserta cara mencegah/mengurangi/mitigasi risikonya.

1. Faktor Cuaca
Meliputi hujan badai, topan, angin kencang, awan tebal, sambaran petir, dll.

Mitigasi risiko:

- Meningkatkan standar keamanan dan keselamatan pesawat agar lebih tangguh (resilent) dari kondisi cuaca ekstrem;

- Meninjau kembali SOP (Standard Operating Procedure) untuk  pesawat yang akan lepas landas (take-off) dalam cuaca tidak bersahabat dengan menyesuaikan kembali (meng-adjust) batasan-batasan keadaan cuaca seperti kecepatan angin, tingkat curah hujan, ketebalan awan, potensi petir, dll. ;

- Dalam kondisi cuaca ekstrem, pesawat dizinkan untuk dapat parkir lebih lama di bandara tanpa dikenakan biaya tambahan oleh pengelola bandara.

2. Faktor Kerusakan Mesin (technical error)
Meliputi rusaknya atau tidak berfungsinya secara normal sistem piranti lunak dan piranti keras pesawat, malfunction mesin pesawat, dan gangguan teknis lainnya.

Mitigasi risiko:

- Pemeliharaan berkala, menyeluruh dan berkelanjutan;

- Pembaruan  SOP  (Standard Operating Procedure) pemeliharaan pesawat secara lebih rinci  jika pesawat tidak terbang dalam kurun waktu tertentu, seperti karena adanya pandemi Covid19 atau alasan lainnya;

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline