Kritik dan refleksi atas implementasi Kurikulum Merdeka itu sama seperti mencetak gambar buram dengan taburan tinta yang secukupnya|Ino Sigaze.
Wacana tentang kurikulum merdeka sudah berlalu dan yang tersisa cuma diskusi, evaluasi kepantasan apakah kurikulum merdeka pantas menjadi kurikulum nasional?
Atas dasar apa kurikulum merdeka itu diterima sebagai kurikulum nasional? Tentu saja kebijakan itu berlandaskan pada alur pertimbangan, distingsi fakta lapangan yang beragam dari berbagai latar belakang dan wilayah.
Tulisan ini coba mengkritisi sisi lain dari kurikulum merdeka yang perlu diolah lagi. Sebelum melihat sisi lain, kita perlu melihat kembali kerangka dasar dari perangkat ajar Kurikulum Merdeka.
Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka
Ada 9 poin penting dalam hitungan perangkat ajar kurikulum merdeka, sebagai berikut:
1. Modul ajar
2. Prota (Program tahunan)
3. Prosem (Program semester)
4. ATP (Alur tujuan pembelajaran)
5. CP (Capaian pembelajaran)