Lihat ke Halaman Asli

Inosensius I. Sigaze

TERVERIFIKASI

Membaca dunia dan berbagi

Mengenal 5 Keunggulan dan Kelemahan QR dan QRIS, serta Cara Menjaga Keamanannya

Diperbarui: 18 April 2023   01:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengenal 5 keunggulan dan kelemahan QR dan QRIS dan cara menjaga keamanannya | Dokumen diambil dari: Creativemarket.com

Modus baru pemalsuan QR dan QRIS terkait penggelapan dana memang sedang marak dibicarakan saat ini. Kasus-kasus yang ada sebenarnya membuka mata banyak orang untuk selalu waspada terkait kemungkinan-kemungkinan baru dalam transaksi keuangan saat ini.

Penggunaan jenis Apps. QR dan QRIS telah menjadi tren kemajuan ilmu teknologi komunikasi dan transaksi digital yang serba cepat dan praktis.

Mulai dari praktik bisnis online yang belum lama ini memikat hati, lalu kemudian telah mengecewakan sekian banyak orang karena telah terbukti tidak semuanya bisa dipercaya. Pengalaman-pengalaman di luar dugaan dan harapan itu telah menjadi sisi gelap dari kenyataan kemajuan itu sendiri.

Ya, penggelapan dana sumbangan telah membuktikan bahwa urusan dunia online, dengan tingkat kemungkinan tercepat itu memang perlu diwaspadai. 

Kewaspadaan itu bukan berarti kita dilarang untuk menggunakan sarana-sarana terbaru itu, tetapi lebih dalam arti kita menggunakan sejauh kita benar mengerti, baik sistem dan kualitasnya.

Nah, oleh karena itu ada beberapa catatan terkait QRIS penting diketahui supaya orang waspada, apalagi berkaitan dengan urusan uang.

Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS adalah standar kode QR Indonesia yang dikembangkan untuk memfasilitasi pembayaran digital dan transaksi keuangan di Indonesia.

Kode QRIS dapat dibaca oleh sebagian besar platform pembayaran mobile di Indonesia.

Oleh karena itu, melalui QR dan QRIS pengguna diberikan kemungkinan untuk melakukan pembayaran digital dengan mudah dan aman.

Tulisan ini juga akan memperlihatkan sisi unggul dan sisi lemah dari QR dan QRIS itu sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline