Lihat ke Halaman Asli

Inosensius I. Sigaze

TERVERIFIKASI

Membaca dunia dan berbagi

Geliat Generasi Muda Mencari Jalan Masuk ke Ruang Inspirasi dan Ruang Populer

Diperbarui: 29 Oktober 2021   14:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Geliat generasi muda mencari jalan masuk ke ruang insprasi dan ruang ruang populer | Dokumen prinbadi oleh Ino

Generasi muda Indonesia, milikilah budi baru yang kritis, sehingga sanggup membedakan mana yang baik dan mana yang sempurna.

Tren umum generasi muda dewasa ini adalah ingin menjadi populer. Menjadi populer bisa dalam bidang apa saja. Dalam dunia musik, dari generasi muda lahir banyak sekali musikus populer yang disukai oleh jutaan fans. Di sana pasti ada pemusik populer dengan popularitas yang ternama.

Demikian juga dalam dunia kemajuan komunikasi saat ini, generasi muda menemukan jalan-jalan untuk menjadi populer dengan berbagai cara. Sebagai contoh, orang bisa menjadi youtuber hanya dengan konsisten mengunggah video lucu misalnya cerita tentang teka-teki  bocah Ompong melawan Google.

Ada lagi dalam tulisan, menjadi populer karena bisa menyoroti tema-tema yang aktual dan bahkan ditutupi. Tema seperti membongkar korupsi, membongkar mafia pencucian uang, dan lain sebagainya. 

Tentu masih ada tema-tema lainnya yang bisa dijadikan contoh, bagaimana orang bisa masuk ke dalam kategori populer. Pertanyaan yang sering muncul adalah: 

Bagaimana bisa menjadi populer sekaligus memberikan inspirasi kepada orang lain?

Sebagian orang mengatakan popularitas itu bisa saja lebih tepat bukan karena kuantitas, tetapi karena kualitas. Akan tetapi, di dunia sekarang ini menjadi populer itu lebih karena jumlah; misalnya jumlah fans, berapa followers dan berapa pembaca, berapa komentar, berapa pendengar dan lain sebagainya, berapa yang ngelike dan seterusnya.

Soal kualitas rupanya sudah dikembalikan kepada apa kata setiap penikmat. Ya, setiap orang harus bisa menentukan sendiri mana yang berkualitas untuk dirinya dan mana yang tidak.

Tentu sebagian besar orang percaya bahwa yang berkualitas itu pasti berisikan inspirasi yang bisa menghibur, menguatkan, memberikan harapan, menegur supaya bisa berubah, bahkan bisa saja terjadi dengan cara yang sangat unik agar tercapainya tujuan yang mau dicapai.

Sebagian orang lain memberikan tips, cara dan trik untuk mengatasi sesuatu, untuk mencapai sesuatu dan bahkan cara-cara unik untuk meraih sesuatu. Sesuatu yang sering tidak dikatakan adalah orang melakukan sesuatu supaya bisa mencapai sesuatu dan salah satunya adalah menjadi terpopuler. 

Saya akhirnya tertarik juga untuk mengintip bagaimana gerakan anak muda Indonesia saat ini khusus di media sosial. Rasanya tidak sedikit generasi muda Indonesia di satu sisi berpacu dalam upaya untuk mendapatkan uang, tetapi di sisi yang lain memanipulasi martabat perempuan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline