Lihat ke Halaman Asli

Inosensius I. Sigaze

TERVERIFIKASI

Membaca dunia dan berbagi

Jeritan Fiksi Sang Laba-laba dan Cara Terbaik Membersihkan Tanpa Membunuhnya

Diperbarui: 20 Juli 2021   18:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi tentang jeritan sang Laba-laba dalam menemukan tempat aman untuk kehidupanya | Dokumen diambil dari: arafuru.com

Semua yang diciptakan ini selalu ada sisi kecil yang baik untuk kehidupan yang lain. Sanggupkah kita hidup sendiri?

Laba-laba dan jaringannya memang dari sudut pandang tertentu bisa menjadi sangat menarik, apalagi ketika dihubungkan dengan sistem jaringan hubungan kerjasama.

Saya sendiri sangat menyukai laba-laba apalagi laba-laba yang membangun sarangnya di hutan. Laba-laba punya keindahan sendiri, ya apalagi kalau pada pagi hari, saat masih ada titik-titik embun yang bersarang pada jaringannya, kemudian ada pula pancaran sinar matahari di sana, maka perpaduan itu, terlihat seperti ada pelangi di atas jaringan laba-laba itu.

Tentu pemandangan seperti itu berbeda dengan ketika laba-laba yang membangun sarangnya di dalam rumah, di atas loteng atau bahkan pada dinding rumah.

Pada tembok yang putih akan mudah sekali terlihat seperti ada kotoran, jika berceceran laba-laba dan sarangnya di sana. Kesan umum yang tidak bisa dihindari adalah bahwa sarang laba-laba di dalam rumah atau kamar itu hanya menimbulkan kesan kotor.

Nah, saya punya pengalaman berbeda, di satu sisi saya menyukai laba-laba yang di hutan, tetapi juga saya tidak mau laba-laba membangun sarangnya di dalam kamar saya, sehingga merusak pemandangan kamar.

Oleh karena itu, pernah saya bergulat dengan diri sendiri, karena di satu sisi saya menyukai laba-laba, sedangkan pada sisi lainnya, saya tidak menyukai kalau laba-laba membangun sarangnya pada sudut kamar saya.

Selama di Jerman saya selalu menggunakan cara yang satu ini setiap kali membersihkan laba-laba di kamar saya. Cara sederhana itu sebenarnya sangat tampak praktis, cuma mengandalkan prinsip "saya memindahkannya tanpa membunuhnya."

Bagaimana cara memindahkan laba-laba sekaligus membersihkan sarangnya tapa membunuh dan juga tanpa merusakan cat tembok?

Saya menggunakan alat penghisap debu atau Staubsauger.  Dengan alat penyedot debu itulah, saya menarik semua laba-laba dan sarangnya dengan begitu mudah.

Staubsauger (penyedot debu) yang biasa dipakai untuk membersihkan laba-laba di kamar | Dokumen pribadi oleh Ino

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline