Lihat ke Halaman Asli

Membangun Kredibilitas UMKM Desa Klampok melalui Sosialisasi Pembuatan NIB dan Sertifikat Halal

Diperbarui: 4 Agustus 2023   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Mahasiswa KKN Undip menyerahkan hasil NIB kepada UMKM Brebes

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Diponegoro Tim 2 telah memberikan dampak positif bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Klampok. Dalam program kerja ini, mahasiswa KKN menyadari pentingnya pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikat Halal bagi UMKM untuk meningkatkan kredibilitas usaha. Salah satu mahasiswa Tim KKN Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi dan mendampingi UMKM di Desa Klampok.

Pada tanggal 25 Juli, diadakan sosialisasi pembuatan NIB dan sertifikat Halal di Balai Desa Klampok. Acara tersebut dipandu oleh Bapak Muh. Firdan Fachrudin selaku Ketua Paguyuban UMKM Kabupaten Brebes. Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha tentang prosedur dan manfaat dari perizinan usaha yang sah.

Setelah sosialisasi, pada tanggal 26 Juli, dilakukan pendampingan pembuatan NIB untuk UMKM di Desa Klampok. Pendampingan ini dilakukan di rumah Ibu Nur Janah, salah satu anggota UMKM di Desa Klampok. Sebanyak 40 UMKM mendapatkan bimbingan intensif dalam mengurus NIB sampai dengan mendapat nomor NIB yang terdaftar.  

Tidak berhenti di situ, pada tanggal 28 Juli, juga diadakan pendampingan pembuatan Sertifikat Halal untuk UMKM di Kabupaten Brebes serta dibantu oleh Bapak Muh. Firdan Fachrudin. Kegiatan ini berlangsung di rumah Ibu Indahyana, Ketua UMKM Desa Klampok Kabupaten Brebes. Melalui pendampingan ini, diharapkan UMKM dapat memperoleh sertifikat Halal untuk menunjukkan kehalalan produk dan layanan mereka kepada konsumen.

Pelaksanaan dari program ini diharapkan dapat membantu bagi pelaku UMKM Desa Klampok dan semoga dapat menjadi bahan pertimbangan yang baik bagi pelaku UMKM bahwa pengajuan perizinan usaha sangat penting dan juga mudah dalam pengajuannya.

Input sumber gambar

Input sumber gambar

Penulis: Inna Aulia Mutmainnah 12020120190079 FEB Undip
DPL: Apip S.E., M.Si
Lokasi KKN: Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebe




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline