Dulu sebelum mengelola Pena dan Buku, aku berpikir permasalahan literasi bisa diselesaikan dengan fasilitas taman baca. Sekarang ketika ditanya kembali jawabanku berubah tidak lagi sama. Sebelumnya aku akan memperkenalkan dahulu dengan Pena dan Buku, aku menyebutnya dengan istilah ruang baca dan juga ruang belajar yang terletak di Pasar Klandasan Balikpapan. Bila kamu sedang singgah di Balikpapan, silakan mampir ke Pena dan Buku selain menikmati buku buku kamu juga bisa menikmati senja sore di Dermaga Klandasan. Iya betul sekali Pena dan buku hanya dalah hitungan langkah sudah berbatas laut.
Sebagai pengelola Pena dan Buku, aku sering kali menerima donasi buku buku dari teman dan juga instansi.
Donasi terbanyak yang pernah kuterima berasal dari Iluni UI, ratusan buku buku anak yang penuh dengan gambar dan baru semuanya.
Anak anak senang sekali membacanya, mereka sampai berebutan meminjam buku.
Aku bersyukur sekali sekarang seluruh rak terisi penuh dengan buku. Padahal dulu awal membuka Pena hanya bermodal 70 buku, gabungan buku ku dengan Mba Yusna. Sekarang buku buku tersebut melesat di angka 1000. Alhamdulillah.
Menatap buku buku yang memenuhi setiap sudut Pena, kemudian aku bertanya apakah tujuanku sudah tercapai? memenuhi rak buku Pena dengan buku buku, sampai ada buku buku yang tersusun di atas rak karena sudah tidak muat lagi. Apakah permasalahan literasi telah teratasi seiring membanjirnya donasi buku?
Aku selalu menyadari bahwa apa yang dipajang di rak buku ini adalah benda benda mati. Pembacalah yang bisa menghidupkan nyawa dari setiap buku.
Buku hanyalah kumpulan kalimat yang ingin dihidupkan oleh penulisnya. Untuk membuatnya hidup, maka harus diterjemahkan dalam bentuk pikiran, sikap dan tindakan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Central Connecticut State University di Amerika Serika, tingkat literasi Indonesia menduduki peringkat kedua terbawah dari 61 negara , hanya satu tingkat dari Botswana.
Penelitian ini bukan mengukur kemampuan membaca di masyarakat, melainkan literasi dan dan sumber sumber pendukung di suatu negara.
Tingkat literasi yang diteliti berdasarkan pada lima indicator yakni perpustakaan, surat kabar, input dan output pendidikan dan kemampuan mengoperasionalkan komputer. Literasi bukan lagi hanya kemampuan baca dan menulis, namun juga menyeluruh ke semua aspek.