Kecenderungan Konsumsi Global
Pandemi telah mengubah kecenderungan konsumsi masyarakat. Ada yang meningkat dan ada yang menurun. Berdasarkan survei Consumer Pulse Survey yang dilakukan McKinsey & Company, hampir seluruh produk dan jasa perjalanan, transportasi, pelayanan, dan pakaian mengalami penurunan di semua negara. Beberapa produk yang mengalami peningkatan diantaranya :
1.Bahan makanan meningkat di semua negara yang disurvei,
2.Makanan ringan meningkat di Jepang,
3.Take away dan delivery makanan meningkat di Jepang dan Korea,
4.Produk anak bukan makanan meningkat di Jepang,
5.Perlengkapan rumah tangga meningkat di Amerika, Brazil, Spanyol, India, Jepang, dan Korea.
6.Produk perawatan diri meningkat di India, Jepang, dan Korea,
7.Hiburan rumah meningkat di semua negara yang disurvei kecala Brazil,
8.Buku dan cetakan meningkat di Korea.
Kita juga bisa melihat kondisi awal pasca pandemi atau pemulihan di negara Cina. Produk-produk yang mengalami peningkatan di masa awal pemulihan, antara lain bahan makanan, produk tembakau, produk anak non makanan, perlengkapan rumah tangga, produk perawatan diri, perawatan kulit dan make up, hiburan rumah, produk kesehatan dan kebugaran, serta bahan bakar.
Kecenderungan Konsumsi di Indonesia
Untuk di Indonesia, Penelitian dari McKinsey & Company ini menunjukkan bahwa belanja perawatan kesehatan, buah segar, perawatan rumah tangga, dan perawatan pribadi mengalami peningkatan signifikan. Hal ini semakin memperkuat bahwa selama pandemi COVID-19 terjadi peningkatan kesadaran pada kebersihan dan kesehatan.
Belajar Dari Resesi 2008
Dalam krisis yang mengakibatkan tekanan finansial, pada umumnya masyarakat mengalami perubahan kecenderungan konsumsi yang sama. Namun, penyebab krisis juga memberikan perbedaan. Misalnya, krisis saat ini yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 dapat memberikan dampak peningkatan pengeluaran, belanja, dan konsumsi untuk kebersihan dan kesehatan.
Kita bisa mempelajari kecenderungan konsumsi masyarakat pada saat krisis dari pengalaman krisis tahun 2008 yang dilakukan oleh Survei Booz and Company Fall 2009 ketika mensurvei belanja pelanggan dengan sampel 2010 orang. Mereka melakukan survei dengan pertanyaan "Selama 12 bulan terakhir, saya mengurangi belanja saya pada kategori ini". Ini adalah hasil dari responden yang setuju atau sangat setuju. Survei ini untuk mengetahui, pada pengeluaran apa seseorang melakukan penghematan dalam tekanan finansial yang dihadapi.