Lihat ke Halaman Asli

Hidup Sehat dengan Mencuci Tangan

Diperbarui: 20 Oktober 2022   14:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

   Mencuci tangan adalah satu hal yang tanpa kita sadari sangat penting untuk dilakukan, bahkan Centers for disease control and prevention atau CDC menyebutkan bahwa mencuci tangan dapat menyelamatkan nyawa. Bagaimana tidak, dengan mencuci tangan sendiri dapat menjadikan seseorang yang bersih dan memutuskan mata rantai kuman. 

   Tangan menjadi salah satu perantara dalam penularan penyakit karena dalam aktivitas sehari-hari tangan selalu bersentuhan langsung dengan benda, kotoran manusia, maupun binatang, serta cairan yang sudah terkontaminasi dengan bakteri secara tidak sadar saat itulah bakteri virus maupun parasit masuk ke dalam tubuh kita.

   Untuk mencegah berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh, kita harus sering mencuci tangan terutama saat sebelum dan sesudah makan, tetapi mencuci tangan dengan air saja tidak akan cukup, karena tidak efektif untuk membunuh kuman yang ada.

   Alasan lain yang menganjurkan kita untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun adalah riset medis yang menunjukkan bahwa penggunaan sabun dengan air terbukti lebih efektif untuk menghilangkan sisa kotoran minyak atau lemak yang masih menempel di tangan, dengan demikian risiko kuman atau bakteri berbahaya yang masuk ke dalam tubuh akan semakin kecil dan tangan menjadi bersih. 

   Manfaat kesehatan dari mencuci tangan memang telah diakui, namun masih banyak orang yang tidak melakukannya bahkan masih menganggap remeh hal tersebut, sedangkan dengan berbagai aktivitas yang kita lakukan tangan kita akan dipenuhi dengan kuman bakteri dan virus yang sudah siap memasuki tubuh kita.

Tidak hanya melalui tangan atau mulut tetapi kuman dapat masuk melalui mata maupun hidung, infeksi umumnya ditularkan melalui kontak tangan ke tangan yang menyebabkan berbagai penyakit seperti demam, flu dan berbagai kelainan sistem pencernaan atau diare.

     Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun menjadi bagian penting dalam rantai pertahanan kesehatan, terutama di masa pandem seperti saat ini. Walaupun terkesan sederhana, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun merupakan investasi kesehatan jangka panjang yang dapat mengurangi penularan penyakit.

manfaat yang bisa didapatkan melalui mencuci tangan dengan menggunakan sabun yaitu, seperti:

1.Penurunan risiko infeksi saluran pernapasan akut
2. Penurunan risiko pneumonia
3. Penurunan substansial pada infeksi neonatal.
4. Penurunan risiko diare endemik
 

Sayangnya, kesadaran untuk mencuci tangan dengan sabun masih sangat rendah. Hanya 19 persen orang di seluruh dunia yang mencuci tangan dengan sabun setelah buang air besar dan 35 persen fasilitas kesehatan tidak memiliki air dan sabun untuk mencuci tangan.

Maka dari itu, penting sekali untuk mengubah perilaku dengan membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun terutama sebelum makan, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, sesudah ke toilet, dan sesudah bersin. Kebiasaan ini harus disadari untuk kehidupan yang lebih sehat.    

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline